Alasan Shinzo Abe Dua Kali Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Jepang

Tim Editor

Shinzo Abe (Japan Today)

ERA.id - Perdana menteri Jepang, Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya. Apa alasan Abe meninggalkan jabatan yang dia emban sejak tahun 2006 itu?

Shinzo Abe mundur karena masalah kesehatan yang dideritanya. Dia mengaku terpaksa mundur di tengah berbagai kesulitan yang dihadapi Negeri Matahari Terbit itu.

"Sungguh menyedihkan harus meninggalkan pekerjaan saya sebelum mencapai tujuan saya," kata Abe seperti dikutip dari Japan Today, Jumat (28/8/2020).

Abe menderita radang usus besar sejak ia remaja dan mengatakan kondisinya selama ini tergantung obat-obatan. 

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah keluar dari Keio University Hospital, Senin (17/8/2020).

 

 

Abe telah dua kali datang ke rumah sakit selama dua pekan terakhir, sehingga memicu spekulasi bahwa kesehatannya menurun.

Ini adalah kedua kalinya Abe meninggalkan jabatannya karena masalah keamanan. Ia mengundurkan diri di tahun 2007, karena penyakit yang sama, hanya setelah menjabat selama satu tahun.

Ia kembali menduduki jabatan tertinggi ini pada tahun 2012 setelah meraih kemenangan telak di Majelis Rendah. Jabatan selama tujuh tahun ini membuatnya sebagai pemimpin Jepang dengan masa jabatan terlama. Abe masih dapat menjabat selama satu tahun lagi.

Masa jabatannya sebagai presiden Partai Demokratik Liberal (LDP), partai utama dari kubu berkuasa, akan berakhir pada September tahun depan.

 

Tag: perdana menteri shinzo abe jepang

Bagikan: