Cara Korea Utara Cegah COVID-19: Tembak di Tempat Orang yang Tertular

| 11 Sep 2020 12:49
Cara Korea Utara Cegah COVID-19: Tembak di Tempat Orang yang Tertular
Militer Korea Utara (Strait Times)

ERA.id - Otoritas Korea Utara dikabarkan telah mengeluarkan perintah tembak ditempat bagi para warga yang tertular COVID-19. Perintah tersebut untuk mencegah penyebaran virus korona.

Korea Utara belum mengonfirmasi satu kasus pun sejak pandemi penyakit yang pertama kali muncul di China itu.

Pyongyang menutup perbatasannya dengan China pada Januari untuk mencoba mencegah kontaminasi, dan pada Juli media pemerintah mengatakan telah menaikkan keadaan daruratnya ke tingkat paling maksimum.

Komandan Pasukan AS di Semenanjung Korea (USFK) Robert Abrams mengatakan bahwa penutupan perbatasan telah meningkatkan permintaan barang selundupan, mendorong pihak berwenang untuk campur tangan.

"Korea Utara memperkenalkan zona penyangga baru, satu atau dua kilometer di perbatasan China," kata Abrams dalam konferensi online yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) di Washington, seperti dikutip dari Strait Times, Jumat (11/9/2020).

"Mereka punya SOF (Pasukan Operasi Khusus) Korea Utara di luar sana. Pasukan serang, mereka punya perintah tembak untuk membunuh," sambungnya.

Selain COVID-19, Korut juga baru saja dihantam Topan Maysak. Lebih dari 2.000 rumah hancur atau terendam.

Abrams mengatakan untuk saat ini tak akan ada provokasi atau rencana militer yang mengkhawatirkan dari negara yang dipimpin Kim Jong-un itu karena fokus dab anggaran mereka terpecah.

Tags : korea utara
Rekomendasi