Trump: Vaksin COVID-19 Buatan AS Tersedia Tiga Minggu Lagi

| 16 Sep 2020 15:53
Trump: Vaksin COVID-19 Buatan AS Tersedia Tiga Minggu Lagi
Ilustrasi (SCMP)

ERA.id - Presiden AS Donald Trump mengklaim vaksin COVID-19 akan tersedi dalam waktu dekat. Vaksin buatan Amerika tersebut akan tersedia dalam tiga sampai empat minggu lagi.

Hal tersebut berdasarkan prediksi yang dibuat oleh pejabat Kementerian Kesehatan AS dan Pfizer Inc awal bulan ini. Ia mengatakan bahwa vaksin segera siap untuk didistribusikan. "Kami sangat dekat untuk mendapatkan vaksin," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/9/2020).

Kini vaksin tersebut tinggal menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Donald Trump (CNN)

"Jika Anda ingin mengetahui kebenarannya, pemerintahan sebelumnya mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan vaksin karena harus memenuhi semua persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Dan kami dalam beberapa minggu setelah mendapatkan persetujuannya bisa jadi tiga minggu, empat minggu," sambungnya.

Sebelumnya, Trump pada masa awal pandemi virus corona mengaku kepada seorang jurnalis bahwa ia meremehkan krisis kesehatan meskipun punya bukti bahwa virus itu berbahaya, menurut sebuah buku baru. 

"Saya ingin selalu menganggapnya kecil," kata Trump kepada penulis Bob Woodward pada 19 Maret, beberapa hari setelah dia menyatakan keadaan darurat nasional.

Rekomendasi