AS dalam Proses Menyumpah Jabatan Satu Hakim Konstitusi Baru

| 27 Oct 2020 09:30
AS dalam Proses Menyumpah Jabatan Satu Hakim Konstitusi Baru
Hakim Clarence Thomas menyumpah calon hakim konstitusi Amy Coney Barrett di Gedung Putih, Senin (26/10/2020). (Foto: Sean Davis/Twitter)

ERA.id - Institusi kehakiman Amerika Serikat telah, Senin (26/10/2020) malam waktu setempat, telah menjalankan satu dari dua sumpah jabatan yang harus diterima Amy Coney Barrett untuk menjadi anggota Mahkamah Agung AS.

Seperti dilaporkan Associated Press, upacara sumpah jabatan pertama ini dilakukan pukul 9.17 malam di Halaman Selatan Gedung Putih, Washington D.C., AS.

Upacara pengucapan sumpah jabatan Senin malam lalu dikabarkan telah mengikuti protokol kesehatan secara lebih baik dari yang umumnya diberlakukan pemerintahan Presiden Donald Trump. Halaman Selatan yang lebih luas dipilih alih-alih di Rose Garden, tempat Trump dulu mengumumkan pencalonan Barrett sebagai hakim agung.

Tempat duduk audiens juga diberi jarak lebih lebar satu sama lain, dan kebanyakan hadirin memakai masker.

Pencalonan Barrett telah mendapat konfirmasi Senat dengan komposisi suara 52-48 dengan mayoritas berasal dari anggota Partai Republikan.

Dengan ini Barrett menjadi hakim konstitusi yang dilantik paling dekat dengan momen pemilihan presiden AS. Sebagai seorang konservatif, Barrett dipilih untuk mengisi Hakim Agung Ruth Bader Ginsberg, yang semasa hidupnya berpandangan liberal, yang wafat pada bulan September lalu.

Ketika menjabat sebagai hakim konstitusi, warga Louisiana berusia 48 tahun ini nantinya akan berhak bekerja di mahkamah tinggi AS. Barrett juga digadang-gadang akan memperkuat dominasi haluan konservatif, 6:3 suara, di dalam institusi Mahkamah Agung AS.

Dalam sumpahnya, Barrett mengatakan ia akan menjalankan tugasnya "tanpa takut atau memihak" pada institusi pemerintahan manapun, maupun pada keyakinan pribadinya. Ia juga menyatakan tugas seorang hakim adalah "menolak preferensi politiknya sendiri" karena itu ia anggap sebagai "pengabaian terhadap jabatan" yang ia emban.

 

 

Rekomendasi