'Kapsul Waktu' Berusia 100 Tahun Ditemukan dalam Kondisi Awet, Berisi Pesan di Era Perang Dunia

| 09 Nov 2020 12:40
'Kapsul Waktu' Berusia 100 Tahun Ditemukan dalam Kondisi Awet, Berisi Pesan di Era Perang Dunia
Sebuah sudut Memorial Linge Museum di kota Orbey, Prancis. (Foto: Vosges Photo)

ERA.id - Dua orang yang sedang berjalan kaki di kawasan timur Prancis menemukan 'peninggalan langka' berusia lebih dari 100 tahun, yaitu kapsul berisi pesan yang dikirim seorang tentara Prussia di era Perang Dunia I.

Pesan yang kemungkinan besar dikirim menggunakan burung merpati itu ditulis tangan oleh seorang tentara infanteri di daerah Ingersheim. Ditulis dalam bahasa Jerman, ia tampaknya berbicara pada petinggi militernya di era Perang Dunia I, seperti disampaikan Dominique Jardy, seorang kurator di Linge Museum, Orbey, sebuah kawasan di timur Prancis.

Belum bisa dipastikan tanggal yang valid dari pesan tersebut. Di situ tertulis 16 Juli 1910, namun, peneliti membuka kemungkinan bahwa tahunnya menunjuk pada 1916, seperti disampaikan The Guardian. Perang Dunia Pertama sendiri terjadi antara tahun 1914 hingga 1918.

Pesannya sendiri terbaca demikian: "Pleton Potthof mendapat berondongan tembakan ketika mereka mencapai batas di sebelah barat medan arak-arakan (tentara), pleton Potthof membalas serangan tembakan tersebut kemudian mundur sejenak."

"Di Frechtwald setengah dari pleton dalam kondisi terluka parah. Pleton Potthof mundur lebih dalam dengan kehilangan banyak prajurit."

Kala itu, kota Ingersheim - saat ini menjadi bagian dari kawasan Grand Est di Prancis - dulunya masih menjadi milik Jerman.

'Kapsul waktu' ini ditemukan pada bulan September tahun ini di Ingersheim, kata Jardy, seperti dikutip The Guardian. Museum Linge di Orbey sendiri memang didedikasikan untuk mengenang Pertarungan Linge (20 Juli-15 Oktober 1915) yang menewaskan 17.000 prajurit.

Kapsul pesan dari Perang Dunia I itu kini menjadi koleksi permanen dari Linge Museum di Orbey tersebut.

Rekomendasi