Heboh Lagu Indonesia Raya Dilecehkan Netizen Malaysia, Ini Respons Pemerintah

Tim Editor

Tangkapan Layar

ERA.id - Sebuah akun Youtube diketahui menghina dan melecehkan Lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tak hanya itu, Presiden Jokowi dan Soekarno pun dihina habis-habisan.

Akun Youtube itu bernama MY Asean dan diduga berasal dari Malaysia. 
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi mengaku, sudah sudah melaporkan kasus ini ke Polis Diraja Malaysia (PDRM). 

Menurut Retno, otoritas keamanan Malaysia tersebut kini sedang melakukan penelusuran.

"Sudah dilakukan Kemlu dan KBRI di Kuala Lumpur," ucap Retno lewat pesan singkat, Minggu (27/12). 

Dalam video berdurasi satu menit lebih itu, selain menghina lagu kebangsaan Indonesia Raya, dia juga melecehkan Bendera Merah Putih dan lambang Burung Garuda Pancasila.

Sayap gagah Burung Garuda diberi sebuah simbol kepala hewan babi. Kemudian semboyan Bhinneka Tunggal Ika diubah menjadi ‘Indognesial Raya’.

Tak cukup sampai di situ, di bagian sebelah kiri kanan Burung Garuda terdapat seorang wanita sedang membuang air kecil yang mengenai Bendera merah Putih.

Pembuat video juga tak segan-segan mengganti lirik lagu Indonesia Raya dengan hinaan terhadap rakyat Indonesia, Presiden Joko Widodo, dan Presiden Pertama RI, Soekarno.

Lagu tersebut dinyanyikan seorang yang bersuara seperti wanita dan dengan nada yang sama seperti Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kini video tersebut sudah menghilang di YouTube.

Tag: malaysia lagu indonesia raya lagu indonesia raya dilecehkan

Bagikan: