Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, Artis Amerika Chrissy Teigen Kritik Pemerintahan Jokowi

Tim Editor

Dokumentasi: Chrissy Teigen, model dan selebritas Amerika Serikat, dalam sebuah acara di Los Angeles, AS. (Foto: Luke Harold/Flickr)

ERA.id - Kabar jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 menjadi perhatian dunia internasional sejak terjadi pada Sabtu lalu. Tak terkecuali model dan selebritas asal Amerika Serikat, Chrissy Teigen.

Melalui akun Twitter pribadinya, pada Selasa, (12/1/2021), Chrissy membagikan sebuah artikel dari media USA Today tentang kecelakaan yang diduga merenggut nyawa 65 penumpang itu.

Dalam cuitannya, Chrissy Teigen mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi. "Warga Indonesia berhak memiliki pemerintahan yang peduli atas keselamatan penerbangan mereka. Kejadian seperti ini terlalu sering terjadi."

Istri musisi John Legend tersebut tak menjelaskan apakah ia sedang mengomentari isi dari artikel yang ia bagikan, atau mengenai kejadian nahas yang menimpa maskapai asal Indonesia.

Namun, unggahan Chrissy Teigen, yang memiliki 13,5 juta follower di Twitter, langsung dibagikan ulang sebanyak 971 kali dan mendapat lebih dari 10 ribu likes dalam waktu satu setengah jam setelah diunggah.

Akun @Macart611 berkomentar bahwa sebagian besar masalah yang terjadi berakar dari kurang baiknya pelatihan pilot. "Suamiku adalah seorang pilot penerbangan komersil di AS, dan ia mengatakan pada setiap orang untuk tidak bepergian menggunakan maskapai (non-AS) ketika meninggalkan Asia. Ini bukan pesawatnya, atau Boeing. Ini berakar dari (lemahnya) pelatihan pilot."

Akun @LWOOD8526 menulis, "Turut sedih terhadap orang-orang dan keluarga mereka. Namun, sepertinya mereka perlu menghindari terbang di kawasan itu." Hal ini ditanggapi oleh akun @FreyaInTheRain, "Dengan adanya 13.000 pulau? Ada saran tentang cara bepergian yang lebih cepat di sini, Mrs. Scott?"

Akun @dearyunita menjawab cuitan Chrissy dalam bahasa Indonesia, menyatakan bahwa keluarga telah mendengar terlalu banyak spekulasi. "Kasihan keluarga (korban) kalau di tambah twit kayak gini."

Untuk diketahui, Chrissy Teigen dan suaminya, John Legend, adalah salah satu pasangan selebritas AS yang kerap berkunjung ke Indonesia. Pada 2017 dan 2018, keluarga Chrissy dikabarkan menyampatkan untuk liburan musim panas di Pulau Bali.

Pada tanggal 22 Juli 2018, Chrissy membuat cuitan di Twitter, "Berhasil bertahan dalam penerbangan selama 15 jam bersama anak kecil berumur 2 tahun dan bayi yang baru lahir. Ini masih setengah perjalanan," melansir WMagazine.

Artikel WMagazine tersebut menceritakan bagaimana keluarga Chrissy menikmati kuliner dan lokasi tempat menginap mereka di Pulau Dewata. Bahkan, keluarga Chrissy Teigen turut menjadi saksi mata peristiwa gempa bumi 6,4 SR yang menggoyang Bali pada tanggal 29 Juli 2018.

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu terjadi di tengah isu publisitas miring mengenai pabrikan pesawat Boeing. Perusahaan yang berpusat di Seattle, AS,  sedang berupaya mempertahankan nama baik setelah peristiwa dua kecelakaan pesawat tragis yang melibatkan jenis pesawat 737 Max 8 pada tahun 2018.

Sementara itu, nama Indonesia pun kerap terdengar dalam peristiwa-peristiwa kecelakaan transportasi.

USAToday bahkan menulis bahwa Indonesia "diganggu oleh kecelakaan transportasi di darat, laut, dan udara akibat kapal feri yang kelebihan penumpang, infrastruktur yang menua, hingga lemahnya pengawasan terhadap standar keselamatan."

Di tahun 2018, kecelakaan yang melibatkan pesawat Lion Air pun bergaung di banyak negara. Selain karena melibatkan tipe pesawat Boeing 737 Max 8, sebanyak 189 orang dalam pesawat tersebut meninggal dunia. Kecelakaan itu menjadi yang paling fatal sejak jatuhnya pesawat Garuda di Medan, Sumatra Utara, pada 1997. Sebanyak 234 orang dikabarkan tewas dalam insiden tersebut.

Tag: Chrissy Teigen sriwijaya air jatuh sriwijaya air sj182

Bagikan: