Israel Kirim 2.000 Vaksin COVID-19 ke Palestina

| 02 Feb 2021 09:45
Israel Kirim 2.000 Vaksin COVID-19 ke Palestina
Seorang pekerja medis Palestina mengumpulkan sampel usap dari seorang anak laki-laki untuk uji penyakit corona (COVID-19), di Jalur Gaza Selatan, Kamis (14/1/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/rwa)

ERA.id - Israel, Senin, (1/2/2021), mengumumkan telah mengirim ke Palestina pasokan pertama vaksin COVID-19, yaitu 2.000 dosis vaksin buatan Moderna Inc.

Melansir ANTARA, pasokan vaksin itu dibawa ke pemukiman rakyat Palestina di Tepi Barat dan akan digunakan oleh tim medis Otoritas Palestina, demikian disebutkan pihak COGAT, badan pemerintahan Israel yang menghubungkan militer negara pimpinan Benjamin Netanyahu itu dengan Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina melalui pernyataan yang dikeluarkan di kota Ramallah, Tepi Barat, mengonfirmasi pengiriman tersebut.

Kemenkes mengatakan akan memberikan dosis vaksin pada para personel medis yang bekerja di fasilitas tempat mereka merawat pasien COVID-19.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa kalangan kedua yang akan mendapatkan suntikan vaksin adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun serta mereka yang menderita penyakit kronis.

Kementerian tersebut mengatakan pihaknya memperkirakan akan mendapatkan 50.000 dosis vaksin lagi dalam beberapa hari mendatang, namun tidak mengungkapkan sumbernya.

Israel telah mengalokasikan tambahan 3.000 dosis untuk Palestina, kata seorang pejabat COGAT.

Otoritas Palestina secara terpisah telah mencoba untuk mengamankan stok vaksin COVID-19 mereka sendiri, dan telah memesan sejumlah vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Palestina juga akan menerima lebih dari 35.000 hingga 40.000 dosis vaksin dari COVAX, yaitu program global untuk distribusi vaksin, dalam beberapa pekan mendatang, kata seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Senin.

Israel merebut wilayah Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967. Di saat yang sama, Palestina mengupayakan wilayah itu jadi negara merdeka, termasuk di daerah-daerah Gaza dan Yerusalem Timur.

 

 

Rekomendasi