Islam Tumbuh Pesat di Jepang, Masjid Semakin Banyak Dibangun

| 11 Feb 2021 15:52
Islam Tumbuh Pesat di Jepang, Masjid Semakin Banyak Dibangun
Camii Mosque (Dok. Japanese Station)

ERA.id - Jepang yang merupakan negara minoritas Muslim mengalami pertumbuhan populasi Muslim sejak 2016. Berdasarkan data 2016, saat ini terdapat sekitar 120 ribu Muslim luar negeri dan 10 ribu Muslim Jepang yang tinggal di Jepang.

Dalam tulisan Profesor Hirofumi Tanada dari Fakultas Ilmu Manusia di Universitas Waseda yang dipublikasikan laman Universitas Waseda, menjelaskan sebagian besar Muslim di Jepang tinggal di tiga wilayah metropolitan utama, yakni Tokyo Raya, Metropolitan Chukyo, dan Kinki. Jaringan Muslim tidak pernah berhenti berkembang di seluruh Jepang.

Sejak awal 1990-an, telah terjadi peningkatan jumlah masjid yang dibangun di seluruh kepulauan Jepang, dari prefektur Okinawa hingga prefektur Hokkaido. Meskipun saat ini terdapat lebih dari 90 masjid di seluruh Jepang, kebanyakan orang Jepang tidak menyadarinya.

Ada peningkatan jumlah gerakan dan inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang Islam dan Muslim dalam beberapa tahun terakhir di Jepang. Semakin banyak masjid yang menerima tur masjid dan menyelenggarakan acara agar Jepang dapat berpartisipasi.

Muslim yang tinggal di Jepang berasal dari berbagai latar belakang kebangsaan, etnis, budaya, gaya hidup, pakaian, dan lain-lain. Beberapa Muslim secara ketat mengikuti adat istiadat dan tradisi seperti sholat dan puasa, sementara yang lain menikmati lebih banyak kebebasan. \

Dengan demikian, orang yang belum pernah bertemu atau berinteraksi dengan seorang Muslim mungkin memiliki kesalahpahaman dan stereotip tentang mereka.

Untuk lebih memahami Islam dan Muslim, perlu berinteraksi dengan mereka secara pribadi. Namun, karena mereka masih menjadi komunitas minoritas di Jepang, jarang memiliki kesempatan berinteraksi dengan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun tidak mudah untuk mengubah kesalahpahaman dan stereotip kita tentang komunitas Muslim yang dilukis oleh media. “Saya berharap orang-orang dapat mulai tertarik pada mereka dan mengunjungi masjid yang terbuka untuk umum,” ujar Tanada.

Diperkirakan jumlah penduduk Muslim akan terus bertambah di Eropa dan Jepang, namun pertumbuhan tersebut tidak hanya terletak pada jumlah pendatang Muslim. Di negara-negara seperti Inggris, separuh populasi komunitas Muslim lahir dan besar di negara-negara mereka.

Bahkan di Jepang, sekitar setengah dari tempat tinggal Muslim permanen telah menetap dan membentuk keluarga. Ini menunjukkan bahwa Jepang akan melihat peningkatan jumlah Muslim generasi kedua dan ketiga di masa depan.

Rekomendasi