Nyambi Jadi Penyelundup Rokok, Diplomat Ukraina Dicopot dari Tugas

Tim Editor

Ilustrasi: Rokok. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Penjaga perbatasan Ukraina telah menyita 16 kilogram emas, puluhan ribu dolar AS dan euro serta ribuan bungkus rokok dari sejumlah diplomat Ukraina ketika mereka mencoba menyelundupkannya ke Polandia, kata penyelidik pada Senin (1/3/2021).

Upaya penyelundupan itu berhasil digagalkan pada Minggu (28/2) ketika para penjaga perbatasan menghentikan sebuah bus mini, seperti dilansir ANTARA.

Seorang pengemudi dari Kedutaan Besar Ukraina di Warsawa dan seorang atase urusan konsuler berada di dalam kendaraan pada saat itu, kata biro investigasi negara dalam pernyataan.

Biro investigasi itu mengatakan mereka telah mengungkap aktivitas kelompok kriminal yang mencakup para pegawai dan mantan pegawai kedutaan Ukraina di Polandia serta seorang pegawai kantor negara untuk layanan komunikasi khusus dan pelindungan informasi.

"Saya segera menarik kedua karyawan tersebut dari perjalanan bisnis jangka panjang ke luar negeri. Penempatan mereka di kedutaan selesai sudah. Investigasi akan dilakukan secara menyeluruh dan cepat," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba melalui Facebook.

Penyelundupan rokok adalah salah satu kejahatan yang paling sering terjadi di wilayah perbatasan Ukraina, karena harga rokok di Ukraina jauh lebih rendah daripada di negara-negara tetangganya di Eropa.

Tag: rokok Ukraina

Bagikan: