Unik! Pria Ini Pakai Mesin Tik untuk Melukis, Hasilnya Keren Banget

Tim Editor

Lukisan James Cook (Instagram @jamescookartwork)

ERA.id - Ternyata mesin tik punya fungsi lain di tangan seniman kreatif. Biasanya mesin tik dipakai untuk menulis, James Cook malah memakai mesin tiknya untuk melukis hal-hal yang berbau realistis seperti wajah orang dan gedung.

James Cook adalah mahasiswa arsitektur. Keahliannya melukis memakai mesin tik sudah ditekuninya selama bertahun-tahun. Dari mana ia terinspirasi? Ternyata dari Paul Smith, yang tidak dapat menggunakan kuas atau pensil untuk melukis karena sakit.

"Saya memulainya sekitar lima tahun lalu, saat itu saya masih kuliah dan mengambil seni. Baru melalui penelitian saya, saya menemukan pria bernama Paul Smith, yang menderita kelumpuhan otak," kata James seperti mengutip dari Oddity Central, Senin (7/9/2020) silam.

Melihat sikap Paul Smith yang menolak menjadikan sakitnya sebagai alasan untuk tidak berkesenian, James pun tertarik. Ia lalu mencoba melukis menggunakan mesin tik mengikuti Paul. “Saya sangat terinspirasi oleh ceritanya, dan saya memulainya sekitar lima tahun yang lalu dan saya belum berhenti sejak itu," tambah James.

James membeli mesin tik pertamanya di toko barang antik milik sepasang lansia. Dari sana, ia membuat karyanya seperti wajah orang dan lanskap. Puas dengan kinerjanya, James membeli banyak mesin tik di kemudian hari.

Bagi James, mesin tik di tangannya tak lagi berguna sebagai alat tulis, melainkan media artistik. Dari sana lahir karya lukisan potret selebriti, karakter ikonik dari sebuah film, hingga lanskap yang rumit.

Tag: yang unik seniman lukisan mesin tik

Bagikan: