Robot Antariksa China Mendarat di Mars, Ini Hasil Jepretan Kameranya

| 20 May 2021 18:12
Robot Antariksa China Mendarat di Mars, Ini Hasil Jepretan Kameranya
Salah satu gambar yang dikirim oleh robot penjelajah Zhurong dari Planet Mars. (Foto: CNSA)

ERA.id - Robot penjelajah China, Zhurong, telah mengirimkan foto-foto pertama yang dijepret dari permukaan Planet Mars, Rabu, (19/5/2021),  setelah robot tersebut berhasil mendarat di wilayah bernama Utopia Planitia.

Robot itu memasuki atmosfer Mars pada Jumat lalu dengan bantuan mesin pendarat (lander), demikian dilansir dari The Verge.

Foto-foto yang dirilis oleh China National Space Administration (CNSA) menunjukkan bahwa kedua robot menjalankan langkah-angkah pascapendaratan secara cermat, seperti diberitakan The Verge.

Salah satu gambar menunjukkan robot Zhurong membuka panel surya yang berbentuk seperti sayap drone, dan sebuah antena komunikasi.

Zhurong di Mars
Penampilan robot penjelajah Zhurong milik di daratan Planet Mars. (Foto: CNSA)

Zhurong bagian dari misi antariksa Tianwen-1, yang telah tiba di orbit Planet Mars pada Februari lalu. Misi ini menjadi jalan bagi negeri Tirai Bambu untuk memasuki atmosfer Planet Merah, sesuatu yang baru berhasil dilakukan oleh NASA. Pada Februari, robot penjelajah Perseverance milik NASA juga telah mendarat di wilayah bernama Jezero Crater di daratan Mars.

Pendaratan Zhurong membuktikan robot itu berhasil melewati masa 'teror selama tujuh menit', yang adalah bagian tersulit dalam perjalanan menuju permukaan Planet Mars.

Pendaratan

Roket Tianwen-1 diluncurkan dari Wenchang Spacecraft Launch Site di provinsi Hainan, China, pada 23 Juli tahun lalu. Ia menempuh perjalanan selama tujuh bulan untuk mencapai Mars.

Saat ini, dengan mesin penjelajah Zhurong, China telah memiliki laboratorium robotik pertama mereka di Mars. Alat-alat dari robot ini akan difungsikan untuk meneliti elemen geologi dan iklim planet tersebut selama 90 hari ke depan.

Rekomendasi