Ada Petisi Minta Eks Bos Amazon Dicegah Pulang ke Bumi Usai Naik Roket

Tim Editor

Jeff Bezos, eks bos Amazon dan pendiri perusahaan eksplorasi luar angkasa Blue Origin. (Foto: Steve Juvertson/Flickr)

ERA.id - Lebih dari 54 ribu orang telah menandatangani sejumlah petisi yang meminta Jeff Besos, eks bos raksasa ritel online Amazon, dicegah pulang ke Bumi setelah tumpangi roket ke luar angkasa, bulan depan.

Jeff Bezos, yang juga pendiri perusahaan eksplorasi luar angkasa Blue Origin, pada 7 Juni lalu mengumumkan akan ikut terbang ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard pada 20 Juli. Dalam penerbangan roket berawak pertama Blue Origin ini, Jeff akan ditemani adiknya, Mark.

Tiga hari setelah pengumuman tersebut, dua petisi diluncurkan secara daring. Petisi tersebut intinya berisi permintaan agar sang miliarder, yang mendapat titel manusia terkaya tahun 2021 oleh Forbes, dicegah untuk kembali ke Bumi.

Petisi-petisi tersebut telah mendapat ribuan dukungan hanya dalam waktu 10 hari, seperti diberitakan Yahoo! News, (20/6/2021).

Petisi Jeff Bezos
Salah satu petisi di Change.org yang meminta Jeff Bezos dicegah kembali ke Bumi pada 20 Juli nanti. (Foto: Istimewa)

Sebuah petisi di Change.org, dengan judul "Jangan ijinkan Jeff Bezos kembali ke Bumi" telah ditandatangani lebih dari 35 ribu orang pada Senin.

"Tidak boleh ada miliarder di muka bumi, atau di luar angkasa. Namun, jika mereka memilih pergi ke luar angkasa, mereka harus tetap di sana," sebut petisi tersebut.

Sementara itu, petisi lain, dengan judul "Petisi untuk Mencegah Jeff Bezos kembali ke Bumi" pada Senin telah ditandatangani lebih dari 19 ribu orang.

Petisi kedua ini diunggah oleh Jose Ortiz, yang menyebut Bezos adalah "orang jahat yang punya niat menguasai seluruh dunia." Ia melanjutkan, "Masa depan manusia ada di tangan Anda (penandatangan petisi)."

Masing-masing petisi tersebut menarget 25 ribu penandatangan, menjadikan kedua petisi sebagai petisi yang paling banyak ditandatangani di laman Change.org.

Jeff Bezos sendiri rencananya akan terbang selama 11 menit ke sisi terluar atmosfer Bumi - dinamai sebagai 'garis Karman' - bersama saudaranya dan pemenang lelang kursi penumpang New Shepard, yang belakangan ini terjual dengan nilai 28 juta dolar AS. Para penumpang roket ini akan duduk di dalam modul kapsul berbentuk kubah yang berada di bagian ujung roket.

Saat mencapai garis Karman, setinggi 100 km dari permukaan Bumi, modul penumpang akan melepaskan diri dari mesin roket lalu meluncur kembali ke Bumi menggunakan parasut.

"Saya ingin ikut penerbangan ini karena ini satu hal yang selalu ingin saya lakukan sepanjang hidup saya. Ini adalah suatu petualangan, dan ini pengalaman berarti bagi saya," sebut Bezos dalam sebuah video yang ia unggah via Instagram pada 7 Juni.

Tag: amazon luar angkasa orang terkaya di dunia Jeff Bezos Blue Origin petisi Change.org

Bagikan: