Victoria Street di Edinburgh, Inspirasi Diagon Alley di Dunia Sihir Harry Potter

| 13 Aug 2021 21:33
Victoria Street di Edinburgh, Inspirasi Diagon Alley di Dunia Sihir Harry Potter
Victoria Street, Edinburgh, diyakini menjadi inspirasi Diagon Alley dalam dunia sihir kisah fiksi Harry Potter. (Foto: Ralf Steinberger/Flickr)

ERA.id - Diagon Alley merupakan sebuah jalan rahasia dalam cerita dan film Harry Potter, di mana para siswa sekolah sihir Hogwarts membeli peralatan sihir mereka.

Jalan ini pertama kali diperkenalkan di buku "Harry Potter dan Batu Bertuah". Saat itu, tokoh Harry baru mengetahui ada sebuah jalan tersembunyi di kota London, Inggris, tempat ia bisa membeli benda seperti tongkat sihir hingga buku-buku pelajaran untuk tahun pertamanya di Hogwarts.

Diagon Alley dalam novel karangan J.K. Rowling itu ternyata diinspirasi oleh sebuah jalan sungguhan. Namun, tempatnya bukan di London, tapi di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Hal ini seperti diberitakan oleh BuzzFeed dan Forever Edinburgh.

Dan nama jalan itu adalah Victoria Street, sebuah jalan di pemukiman Old Town, Edinburgh.

Seperti halnya Diagon Alley, Victoria Street tampak klasik dengan batu setapak dan gedung-gedung bernuansa unik. Ada sejumlah toko cinderamata, pakaian dan juga kafe di situ. Tapi, tidak ada toko tongkat sihir atau cerek untuk membuat ramuan di sini, seperti dikatakan di Insider.

Meski begitu, sejarah Victoria Street cukup unik. Melansir Insider, (13/8/2021), sebelum berganti nama, jalan itu dulunya merupakan bagian dari rumah Major Weir, seseorang yang dihukum mati tahun 1670 karena dituduh mempraktekkan ilmu sihir.

Beberapa bagian dari rumah Weir dipercaya masih ada hingga sekarang, tersembunyi di dalam gedung Quaker Meeting House di teras atas, seperti disampaikan Edinburgh World Heritage.

Toko Enchanted Galaxy
Toko The Enchanted Galaxy di Victoria Street yang menjual benda-benda bertema 'Harry Potter'. (Foto: Mikhaila Friel/Insider)

Fan kisah Harry Potter tak perlu berkecil hati datang ke Victoria Street, karena ternyata ada sebuah toko bernama The Enchanted Galaxy. Di situ, pengunjung bisa membeli segala jenis cinderamata bertema Harry Potter, mulai dari syal Gryffindor, buku tulis Hogwarts, hingga pajangan 'snow globes'.

Rekomendasi