Sering Jadi Sasaran Vandalisme, Patung Columbus Resmi Diganti Patung Wanita Pribumi

Tim Editor

Patung Columbus diganti (Dok:Government of Mexico City)

ERA.id - Gubernur Meksiko resmi mengganti monumen Christopher Columbus yang terpajang di ibu kota. Patung Columbus tersebut akan diganti dengan patung wanita pribumi setelah berulang kali menjadi target vandalisme.

Patung tersebut telah dipindahkan tahun lalu setelah aktivis hak-hak masyarakat adat mengancam akan merobohkannya. Claudia Sheinbaum mengatakan patung itu akan diganti dengan replika patung pra-Columbus, yang dikenal sebagai Young Woman of Amajac atau Wanita Muda Amjac.

Pengumuman tentang penggantian patung Columbus itu disampaikan oleh Sheinbaum pada 12 Oktober 2021, sekaligus sebagai peringatan penemuan Amerika oleh Columbus. Di Amerika Serikat secara serempak dirayakan sebagai Hari Columbus.


Namun di Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya dikenal sebagai Dia de la Raza atau Hari Perlombaan. Banyak orang yang melihatnya sebagai peringatan perlawanan pribumi terhadap penaklukan Eropa.

Sheinbaum mengatakan dia ingin membuat perubahan sebagai bagian dari "dekolonisasi" Reforma Avenue yang terkenal, di mana sebuah alas kosong saat ini berdiri.

Diego Prieto Hernandez, yang menjabat sebagai direktur Institut Nasional Antropologi dan Sejarah, mengakui bahwa itu dihapus karena alasan pelestarian.

"Ini didasarkan, bukan pada penilaian ideologis karakter (Columbus), melainkan karena kebutuhan untuk melestarikan kelompok seni pahat, yang jika dibiarkan, akan menjadi sasaran ancaman dan protes," kata Prieto Hernandez, dikutip NPR, Kamis (14/10/2021).

Sheinbaum mengumumkan monumen baru tersebut akan memiliki tinggi tiga kali lipat dari tinggi patung Columbus. Hal ini sebagai pengakuan bahwa 'perempuan adat adalah yang paling teraniaya' selama dan setelah masa kolonial.

Wanita Muda asli Amajac ditemukan pada bulan Januari di Veracruz. Diyakini bahwa patung tersebut menggambarkan seorang wanita terkemuka dari suku Huastec pada saat pembuatannya. Saat ini patung asli tersebut berada di Museum Antropologi Meksiko.

Setelah pemerintah kota memutuskan untuk menghapus patung Columbus dari alasnya, sejumlah proposal diajukan termasuk patung yang terinspirasi oleh kepala Olmec pra-Hispanik.

Namun, wacana itu dicemooh sebagai isyarat tanda karena kurangnya keasliannya, mendorong Sheinbaum untuk membatalkannya dan sebagai gantinya memilih Wanita Muda dari Amajac.

Sementara itu patung Christopher Columbus akan dipindahkan ke sebuah taman di area lain di Meksiko. Columbus, seorang penjelajah kelahiran Italia yang dibiayai oleh mahkota Spanyol untuk berlayar dalam perjalanan eksplorasi di akhir abad ke-15, Dia dipandang oleh banyak orang sebagai simbol penindasan dan kolonialisme ketika kedatangannya di Amerika membuka pintu bagi penaklukan Spanyol .

Tag: christopher columbus monumen christopher columbus patung columbus diganti

Bagikan: