Update Kondisi Pandemi COVID-19 di Seluruh Dunia: Selandia Baru Bersiap Hadapi Varian Corona hingga Meksiko Laporkan 9 Ribu Kasus Baru

| 09 Feb 2022 08:31
Update Kondisi Pandemi COVID-19 di Seluruh Dunia: Selandia Baru Bersiap Hadapi Varian Corona hingga Meksiko Laporkan 9 Ribu Kasus Baru
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini telah melampaui puncak lonjakan pada gelombang pertama.

Pada puncak kasus pertama, penambahan kasus mingguan tertinggi adalah sebesar 88.000 kasus, sementara di minggu lalu penambahan kasus positif mencapai lebih dari 170.000 kasus atau hampir dua kali lipat puncak lonjakan gelombang pertama.

Bagaimana dengan kabar terkini pandemi COVID-19 dunia?

Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia, dikutip dari Antara:

Asia-Pasifik

* Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan pada Selasa bahwa pusat keuangan di Asia itu akan tetap menerapkan strategi "nol dinamis" untuk melawan COVID-19 ketika otoritas menghadapi ujian terbesarnya dalam mengendalikan angka infeksi yang mencatat rekor.

* Panitia Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 mengatakan pada Selasa bahwa enam kasus baru COVID-19 ditemukan di antara personel Olimpiade pada 7 Februari.

* Jumlah orang yang dirawat inap dan masuk ruang perawatan intensif akibat COVID-19 di Australia terus menurun pada Selasa ketika otoritas mendesak masyarakat untuk mendapatkan dosis booster vaksin untuk mencegah penyakit parah dan kematian.

* Pandemi COVID-19 tidak akan berakhir dengan varian Omicron dan Selandia Baru harus bersiap menghadapi lebih banyak varian virus corona tahun ini, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern di depan parlemen pada Selasa.

Timur Tengah dan Afrika

* Defisit anggaran Botswana telah meningkat hingga 5,1 persen dari Produk Domestik Bruto ketika negara itu menghabiskan dana untuk membiayai pemulihan dari pandemi COVID-19, kata menteri keuangan negara itu, seraya menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi Botswana masih kuat.

* Nigeria telah menerima 2 juta dosis vaksin Johnson & Johnson dari Finlandia, Yunani dan Slovenia. Donasi vaksin tambahan dari Uni Eropa diharapkan tiba dalam beberapa pekan mendatang, kata pejabat pemerintah.

Amerika

* Kepolisian Ottawa, Kanada, mengatakan pada Senin mereka telah menyita ribuan liter bahan bakar dan memindahkan sebuah tangki minyak sebagai bagian dari tindakan tegas untuk mengakhiri protes anti pembatasan COVID-19 yang sudah berlangsung selama 11 hari. Jumlah demonstran dan truk yang mengikuti aksi protes sudah berkurang signifikan, kata mereka.

* Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyarankan agar warga AS menghindari perjalanan ke enam negara, yaitu Jepang, Kuba, Libya, Armenia, Oman dan Republik Demokratik Kongo, karena peningkatan kasus COVID-19.

* Menteri kesehatan Meksiko melaporkan 9.242 kasus baru COVID-19 dan 206 kematian pada Senin, sehingga total kasus di negara itu sejak awal pandemi mencapai 5.160.767 dengan 309.000 lebih kematian.

Eropa

* Swedia telah memutuskan untuk mencabut pembatasan COVID-19 bagi warga asing yang mengunjungi negara itu dari negara-negara Nordik dan negara lain anggota Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) mulai Rabu.

* Sejumlah negara bagian Jerman berencana melonggarkan pembatasan COVID-19 meski jumlah infeksi meningkat, kata para pejabat.

Perkembangan Medis

* Novavax Inc mengatakan pada Senin bahwa pendanaan pemerintah AS untuk vaksin buatan perusahaan itu telah ditingkatkan sehingga mencakup riset tahap akhir tentang dosis booster bagi kelompok remaja.

* Pemulihan mobilitas penduduk secara normal ke "wilayah-wilayah nol COVID" seperti China akan menyebabkan sekitar 2 juta kematian per tahun dan kunci untuk mengendalikan virus adalah mengembangkan vaksin yang lebih baik dalam mencegah infeksi, kata peneliti China.

Kami juga pernah menulis soal Kali Ini Ramalannya Tak Meleset Soal Gelombang 3 Covid-19, Denny Darko: Percepatan Kasus 5 Provinsi, Rumah Sakit Menipis! Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : covid-19
Rekomendasi