Cara Mengirim Makanan ke Luar Kota, Teknik Tepat Menjaga Makanan Tetap Segar dan Aman

| 06 Nov 2022 18:05
Cara Mengirim Makanan ke Luar Kota, Teknik Tepat Menjaga Makanan Tetap Segar dan Aman
Ilustrasi pengiriman makanan ke luar kota (unsplash)

ERA.id - Kemajuan zaman membuat pengiriman makanan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tak hanya di dalam kota, makanan juga bisa diantarkan ke luar kota. Namun, cara mengirim makanan ke luar kota yang benar perlu dipahami.

Pengiriman makanan ke luar kota membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, cara yang benar dibutuhkan agar makanan tersebut bisa sampai tujuan dengan aman dan tetap segar. Dikutip Era dari paxel, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat akan mengirimkan makanan ke tempat yang jauh.

Cara Mengirim Makanan ke Luar Kota dengan Aman

1.   Jenis dan waktu pengiriman

Hal yang perlu diperhatikan saat mengirimkan makanan kering adalah masa kedaluarsa. Ini cukup mudah. Namun, jika makanan yang akan Anda kirim adalah makanan yang telah dimasak, pastikan pengiriman dilakukan pada hari yang sama dengan waktu pemasakan. Pengiriman makanan segar yang baru saja dimasak bisa menjaga makanan tersebut tetap segar dan tidak cepat rusak atau basi.

Selain itu, pastikan penyajian makanan tersebut benar. Setelah selesai memasak, jangan langsung memasukkan makanan tersebut ke wadah dan menutupnya. Biarkan makanan tersebut dingin terlebih dahulu. Setelah itu, berikan catatan yang berisi informasi tanggal pembuatan makanan tersebut. Dengan demikian, penerima makanan bisa tahu berapa lama makanan tersebut bisa bertahan.

2.  Pembekuan makanan

Ilustrasi frozen food (unsplash)

Salah satu cara yang aman untuk mengirimkan makanan ke luar kota adalah menjadikannya frozen food atau makanan beku. Setelah Anda selesai memasak, dinginkan makanan tersebut dengan suhu ruangan. Setelah itu, kemas makanan tersebut dengan kemasan yang tertutup rapat.

Untuk menjadikannya forzen food, Anda bisa menggunakan plastik nilon karena cukup kuat dan bisa digunakan dalam metode pemvakuman. Plastik nilon juga bisa menjaga makanan yang Anda kirim tepat aman selama proses pengiriman. Setelah itu, bekukan makanan yang telah dibungkus tersebut. Makanan dikeluarkan dari mesin pendingin saat akan dikirimkan.

3.   Pengemasan secara aman

Salah satu yang penting dalam pengiriman barang adalah pengemasan, apalagi pengiriman makanan. Makanan merupakan produk yang cukup riskan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, persiapkan pengemasan yang benar dan tepat sebelum dikirimkan ke luar kota.

Anda bisa menyesuaikan metode pengemasan sesuai dengan jenis makanan yang akan dikirim. Salah satu komponen penting dalam pengiriman makanan adalah bubble wrap dan kotak (biasanya kardus) yang kuat.

Jika makanan yang akan dikirim berupa frozen food, hal tersebut perlu ditambah dengan thermafreeze atau ice gel yang bisa menjaga suhu makanan tetap dingin selama pengiriman. Selain itu, berikan laporang kepada jasa pengiriman bahwa produk yang dikirim tersebut adalah frozen food agar pihak jasa pengiriman bisa melakukan tindakan yang tepat.

4.  Pengiriman dengan jasa ekspedisi

Jika persiapan sebelum pengiriman telah dilakukan dengan benar, pilih jasa ekspedisi yang tepat. Anda juga harus mengetahui kualitas dari jasa ekspedisi tersebut dan durasi pengiriman yang dibutuhkan.

Jasa ekspedisi memiliki sistem pengiriman yang berbeda dengan jasa kurir instan. Proses pengiriman jasa ekspedisi biasanya dilakukan secara estafet, maksudnya makanan tersebut tidak langsung diantarkan oleh satu orang kurir. Umumnya, makanan tersebut akan melewati tempat transit terlebih dahulu sebelum nantinya tiba di tujuan pengiriman.

Itulah cara mengantarkan makanan ke luar kota dengan aman. Makanan yang enak bisa menjadi kurang enak, atau bahkan tidak layak makan, jika cara pengirimannya tidak benar. 

Rekomendasi