Cara Membuat Rendang Daging Sapi Sederhana ala Rumah Makan Padang

| 08 Nov 2022 22:05
Cara Membuat Rendang Daging Sapi Sederhana ala Rumah Makan Padang
Rendang Minang (Twitter)

ERA.id - Tahukah Anda apa makanan terbaik di dunia? Berdasarkan 35.000 suara, makanan terlezat di dunia adalah rendang dari Sumatera Barat. Artikel ini akan membahas pengenalan hingga cara membuat rendang daging sapi sederhana.

Rendang sebagai makanan paling enak di dunia berdasarkan survei CNN yang telah membuat daftar 50 kuliner terlezat di tahun 2011, dan rendang menempati posisi teratas dalam daftar tersebut.

Tentang rendang minang, makanan terbaik dari Sumatera

Rendang sapi mulai dikenal di Eropa (Twitter)

Rendang daging sapi merupakan salah satu masakan asli Minangkabau dan bagian dari budaya Sumatera. Makanan ini disajikan pada acara-acara khusus untuk menghormati tamu dan selama musim perayaan.

Rendang adalah hidangan Indonesia yang lezat yang disiapkan dengan segudang bumbu dan rempah-rempah yang dimasak selama beberapa jam sampai semua bumbu benar-benar diserap oleh daging.

Rendang daging paling enak disantap dengan nasi putih dan bumbu pelengkap seperti bawang goreng dan potongan cabai. Kabar baiknya Anda bisa membuat ulang makanan terbaik dunia di rumah dengan mengikuti resep rendang daging sapi ala rumah makan padang berikut.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Sederhana

Bahan-bahan

●        1 kg daging sapi

●        600 ml santan kental

●        100 ml minyak sayur

Bahan Bumbu untuk diblender

●        4 kemiri

●        12 siung bawang putih cincang

●        300 gr cabai merah

●        250 gr bawang bombay

●        50 gr jahe

●        50 gr lengkuas

●        25 gr kunyit giling, atau 50 gr kunyit segar

●        1½ sdt ketumbar tanah

●        1 sdm garam

●        1 sdt gula pasir

●        4 buah kapulaga hijau

●        11/2 sdt biji jintan

●        10 cengkeh

Bahan Bumbu dan Rempah-rempah

●        4 batang serai, , geprek

●        3 lembar daun jeruk purut

●        1 buah asam keping

●        2 lembar daun kunyit, ikat

Langkah-Langkah Memasak Rendang

●        Langkah 1: Potong daging sapi menjadi kotak 4 cm, setebal setengah cm. Jangan memotong daging sapi terlalu kecil karena daging dapat pecah menjadi potongan-potongan kecil saat dimasak.

●        Langkah 2: Haluskan bumbu. Campur semua bahan bumbu blender lalu sisihkan.

●        Langkah 3: Hancurkan serai. Buang bagian hijau dan kulit luar serai. Gunakan hanya bagian putihnya saja. Hancurkan serai untuk memastikan pelepasan rasa.

●        Langkah 4: Tumis bumbu. Panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis bumbu halus yang sudah diblender dengan api kecil hingga harum.

●        Langkah 5: Tambahkan santan. Tambahkan santan dan serai ke dalam wajan.

●        Langkah 6: Tambahkan daging sapi. Tambahkan daging sapi dan masak dengan api sedang. Masak santan hingga mendidih.

●        Langkah 7: Rebus daging sapi. Setelah mendidih, lanjutkan memasak dengan api kecil. Tambahkan air dari waktu ke waktu saat rebusan akan mengering.

●        Langkah 8: Masak sampai empuk dan berubah menjadi coklat tua. Masak hingga daging sapi menyerap rasa bumbu secara menyeluruh dan warnanya berubah menjadi coklat tua. Ini akan memakan waktu sekitar tiga jam.

Selain cara membuat rendang daging sapi sederhana, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi