Khas Imlek, Ini Resep Sup Delapan Jenis dengan Berbagai Isian

| 23 Jan 2023 09:03
Khas Imlek, Ini Resep Sup Delapan Jenis dengan Berbagai Isian
Ilustrasi sup delapan jenis (Twitter @MalaysiaRecipes)

ERA.id - Imlek tinggal menghitung hari. Salah satu kuliner yang khas pada tahun baru China adalah sup delapan jenis atau sup delapan bentuk. Jika Anda sedang mencari resep sup delapan jenis khas Imlek, baca ulasan berikut hingga tuntas.

Sup delapan jenis merupakan makanan khas Imlek yang menjadi lambang dari keberuntungan dan harapan agar impian bisa segera terwujud atau tercapai. Ada berbagai bahan laut yang menjadi isian dari kuliner ini. Beberapa hewan yang menjadi bahan pembuatan sup delapan jenis adalah ikan, udang, abalone, dan teripang.

Bahan-bahan seafood itu diolah bersama bahan-bahan lain, seperti jamur, kacang ginko, dan biji lotus. Namun ada pula yang mengombinasikan atau mengganti isiannya dengan bahan yang lain.

Poin terpenting dari pembuatan sup ini adalah pemggunaan delapan jenis bahan atau lebih dari. Bagi Anda yang ingin mencoba memasak makanan ini, simak resep sup delapan jenis yang dikutip Era dari GoodFood berikut ini. Resep berikut diperkirakan cukup untuk empat porsi.

Resep Sup Delapan Jenis untuk Imlek

Jamur shitake kering (unsplash)

Bahan yang dibutuhkan

·         Jamur shitake yang telah kering (10 gram)

·         Mi telur segar kental (375 gram)

·         Hu pio atau perut ikan besar besar (4 lempeng)

·         Udang, kupas dan bersihkan (200 gram)

·         Dada ayam, potong memanjang (200 gram)

·         Daging babi panggang, potong—bisa diganti dengan irisan daging sapi (200 gram)

·         Kaldu ayam (5 cangkir) 

·         Kecap asin rasa ringan (60 ml)

·         Cuka beras (2 sdt) 

·         Bawang bombai, cincang halus (1/2 buah)

·         Wortel, potong tipis memanjang (1 buah)

·         Kacang polong (120 gram)

·         Daun bawang, iris tipis (4 batang)

Cara membuat sup delapan jenis

1.    Rendam jamu shitake menggunakan air mendidih selama 20 menit (sampai lunak). Setelah lunak, tiriskan jamur tersebut dan peras hingga airnya terbuang. Buang batang jamur, lalu iris tipis-tipis. 

2.    Didihkan air di dalam panci besar, kemudian masak mi selama 1 menit (hingga matang). Setelah itu, tiriskan mi dan bilas dengan air dingin. Bagi mi tersebut ke empat mangkuk secara merata.

3.    Rebus kaldu ayam dengan api besar. Setelah itu, kecilkan apinya kemudian tambahkan kecap asin dan cuka beras. Aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur. Jika sudah, didihkan kaldu yang telah tercampur dengan bahan lain tersebut selama 2 menit, kemudian masukkan daging ayam, udang, dan daging babi (atau daging sapi). Masak selama 2 menit (hingga matang). 

4.    Masukkan bawang wortel, kacang polong, jamur shitake, hu pio, bombai, dan setengah daun bawang. Masak selama 1 menit (tunggu sampai wortel empuk).   

5.    Bagi sayuran dan daging ke 4 mangkuk yang telah diisi mi. Setelah itu, tuangkan kaldu panas ke dalam mangkuk tersebut dan berikan sisa daun bawang sebagai hiasan.

Itulah resep sup delapan jenis. Meski, cara membuatnya tidak terlalu mudah, tetapi tetap bisa dicoba untuk memeriahkan Imlek dengan makanan khasnya. 

Rekomendasi