Mengenal Matambre Kuliner Khas Argentina yang Kaya Rempah dan Teh Yerba Mate Minuman Favorit Lionel Messi

| 28 Jan 2023 08:40
Mengenal Matambre Kuliner Khas Argentina yang Kaya Rempah dan Teh Yerba Mate Minuman Favorit Lionel Messi
Kuliner khas Argentina (dok. Sudestada)

ERA.id - Argentina kini semakin ramai dibicarakan setelah menjuarai Piala Dunia 2022 pada 19 Desember lalu. Hal yang cukup banyak disorot dari negara tersebut adalah kuliner khasnya.

Untuk makanan khas Argentina, matambre adalah salah satu yang populer dan disukai banyak orang. Matambre merupakan potongan daging sapi yang tipis, yang mana dagingnya diambil dari antara kulit dan tulang rusuk sapi.

"Yang paling favorit itu di sini matambre ya. Itu daging yang diambil dari rusuk yang dipanggang dengan tambahan bumbu chimichurri," ujar Victor Taborda, chef restoran khas Argentina Sudestada di acara Sudestada Welcomes 2023 Party, Kamis (26/1/2023).

Matambre bentuk taco dan matambre biasa (dok. Sudestada)

Daging yang akan dibuat jadi matambre direbus dahulu menggunakan susu atau air, lalu dipanggang. Setelah matang, daging akan dipotong tipis dan disajikan dengan chimichurri sebagai bumbu.

"Chimichurri itu bumbu asal Argentina yang disajikan di atasnya matambre. Cita rasanya rempah-rempah yang pedas tetapi gurih dan segar," tambahnya.

Selain makanan, Argentina juga memiliki minuman khas, yakni teh yerba mate, teh herbal yang cara penyajiannya cukup unik. Teh ini merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh pesepak bola ternama asal Argentina, Lionel Messi.

Teh yerba mate (Instagram)

"Ada minuman khasnya itu teh yerba mate. Jika biasanya minum teh ampasnya dibuang, kalau dia (yerba mate) diminum selagi ada ampasnya. Karena dari sedotannya itu ada penyaringnya sendiri. Rasanya seperti teh hijau, tapi lebih pahit," pungkasnya.

Rekomendasi