Miliarder Jepang Sekaligus Pendiri 7-Eleven Masatoshi Ito Meninggal Dunia

| 14 Mar 2023 14:05
Miliarder Jepang Sekaligus Pendiri 7-Eleven Masatoshi Ito Meninggal Dunia
Pendiri sevel (Dok: Istimewa)

ERA.id - Miliarder Jepang sekaligus pendiri gerai 7-Eleven, Masatoshi Ito meninggal dunia. Masatoshi meninggal dalam usai 98 tahun.

Menurut pernyataan resmi Seven & i Holdings, penyebab kematian Masatoshi Ito lantaran faktor usia yang sudah tua. Dia meninggal Jumat lalu.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepadanya atas kebaikannya selama hidupnya," kata perusahaan itu dikutip BBC, Selasa (14/3/2023).

Diketahui bisnis 7-Eleven yang didirikan Ito ini bermula pada tahun 1956. Saat itu Ito mengambil alih bisnis toko pakaian kecil di Tokyo milik pamannya.

Ito kemudian menamai toko tersebut dengan Ito-Yakodo. Bukan hanya itu saja, ia juga mengubah bisnisnya menjadi jaringan toko serba ada yang menjual segala sesuatu mulai dari bahan makanan hingga pakaian. Bisnisnya pun menjadi terkenal pada tahun 1972.

Dalam waktu yang sama, seorang eksekutif di Ito-Yokado, Toshifumi Suzuki, melihat toko 7-Eleven saat berkunjung ke Amerika Serikat.

Ito-Yokado kemudian membuat kesepakatan dengan pemilik 7-Eleven, Southland Corporation yang berbasis di Amerika Serikat. Dia kemudian membuka 7-Eleven pertama di Jepang pada tahun 1974.

Perusahaan Ito bergerak untuk mengakuisisi saham pengendali di Southland Corporation pada Maret 1990. Namun pada 1992, Ito mengundurkan diri dari posisinya di Ito-Yokado.

Kemunduran Ito ini diduga terkait pembayaran ilegal yang dilakukan oleh tiga eksekutif kepada gengster yakuza untuk menjaga ketertiban pada rapat pemegang saham.

Sejak hengkang dari posisinya, Ito-Yokado berganti nama menjadi Seven & i Holdings tahun 2005. Huruf 'i' pada nama tersebut mengacu pada Ito-Yokado dan juga Masatoshi Ito, yang merupakan ketua kehormatan perusahaan.

Sejauh ini gerai 7-Eleven memiliki gerai lebih dari 83.000 seluruh dunia, dengan seperempatnya berlokasi di Jepang.

Rekomendasi