Oleh-oleh Khas Jawa Tengah yang Direkomendasikan untuk Wisatawan, Simak!

| 23 Apr 2023 08:34
Oleh-oleh Khas Jawa Tengah yang Direkomendasikan untuk Wisatawan, Simak!
Salah satu destinasi wisata di Semarang. (Pixabay)

ERA.id - Salah satu kota yang dapat Anda kunjungi di Jawa Tengah adalah Semarang. Kota ini termasuk kota terbesar ke-5 di Indonesia dan menjadi kota yang paling berkembang pesat di Pulau Jawa. Salah satu tempat wisata terkenal yang ada di kota ini yaitu Lawang Sewu. Berbicara tentang wisata di Jawa Tengah, tentunya akan lebih berimbang jika kita membahas oleh-oleh khas Jawa Tengah pula. Kira-kira apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Oleh-oleh Khas Jawa Tengah

Batik Semarangan

Batik Semarangan (Pixabay)

Apakah Anda sudah tahu, kalau Semarang memiliki ciri khas batik yang sangat menarik dan terlihat unik? Batik Semarang ternyata memiliki motif yang berbeda dari motif batik-batik lainnya. Motif Batik Semarang yang diambil asli dari gambaran landmark dengan sudut pandang kota-kota, misalnya Tugu Muda, Lawang Sewu dan Gereja Blenduk. Anda bisa mendapatkan Batik Semarangan ini dengan datang langsung ke Kampung Batik di Jl. Batik, Semarang. Di pusat produksi batik tersebut, Anda tidak hanya bisa membeli batik tersebut, tetapi juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan Batik Semarang.

Intip Solo

Ilustrasi Intip (Pixabay)

Intip merupakan sejenis kerak nasi yang dalam proses pembuatannya harus terlebih dahulu dijemur hingga kering. Barulah selanjutnya dilakukan penggorengan dengan menggunakan minyak yang cukup panas. Setelah itu, untuk menambah cita rasa dari intip Solo tersebut, intip dibungkus rapi dengan tambahan gula merah atau garam. Nah, intip Solo juga terdapat banyak sekali varian rasa, seperti gurih, asin, gula jawa dan manis. Makanan ini juga berasal dari bahan yang alami tanpa adanya MSG.

Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel (Pixabay)

Dari namanya saja, makanan ini tentu sudah terdengar aneh, tetapi jenis roti ini memang menjadi oleh-oleh khas Jawa Tengah yang paling populer. Meskipun terdengar aneh, roti ganjel rel ini memiliki rasa yang begitu khas dan istimewa. Bahan dasar pembuatan roti ini asli terdiri dari campuran tepung tapioka dengan kayu manis dan santan. Untuk mempercantik tampilan roti tersebut, biasanya diberikan tambahan taburan wijen secara merata di atas roti ini. Untuk tekstur roti ini memang dibuat agak keras dan berwarna coklat yang serupa dengan bantalan rel KA. Inilah asal usul mengapa roti ini dinamakan demikian.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang (Pixabay)

Oleh-oleh jenis ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan isian rebung ayam yang membuat Anda tidak berhenti untuk mengunyahnya. Untuk mendapatkan lumpia ini tidaklah sulit, Anda dapat datang langsung ke Gang Lombok daerah Pecinan Semarang. Dengan membelinya dan membawa Lumpia Semarang ini pulang sebagai oleh-oleh, tentunya akan membuat keluarga atau kerabat Anda senang.

Wingko Babat

Wingko Babat (Pixabay)

Tentunya Anda tahu wingko babat. Wingko babat merupakan sejenis makanan tradisional asli Jawa Tengah yang bahan-bahannya terdiri dari kelapa dengan campuran bahan-bahan yang lainnya. Di daerah Jawa Tengah, wingko babat memiliki bentuk bundar dan begitu lunak seperti jenang dodol tetapi terdapat campuran kelapanya. Pada umumnya, wingko babat dijual dengan bentuk bundar yang dibungkus kertas. Untuk kombinasi rasanya, wingko babat Jawa Tengah diberikan tambahan gula pasir.

Demikianlah beberapa oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa Anda beli saat main ke Jawa Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi