Mengupas Rahasia Dapur Restoran Cepat Saji Bikin Ayam Goreng Renyah dan Gurih

| 01 Jun 2023 08:55
Mengupas Rahasia Dapur Restoran Cepat Saji Bikin Ayam Goreng Renyah dan Gurih
Ilustrasi ayam goreng (Unsplash/Shardar Tarikul Islam)

ERA.id - Kunci kerenyahan dan gurihnya rasa ayam goreng di restoran cepat saji masih menjadi rahasia hingga saat ini. Meski pun semakin banyak restoran serupa namun, tetap tidak bisa menyamai keotentikan rasa dari restoran ayam goreng yang sangat melegenda.

Namun kali ini, restoran ternama yang mengandalkan menu utama ayam goreng akan membagikan rahasia kelezatan dari dapurnya. Dengan mengadakan Open Kitchen, restoran siap memberitahu masyarakat menyajikan ayam goreng yang nikmat lewat proses pembuatan yang aman dan terjamin.

“Ayam goreng yang kami sajikan kepada konsumen telah melalui proses presisi yang diolah dan dimasak oleh para ahli yang disebut Spesialis Ayam McD. Mereka yang ingin menjadi Spesialis Ayam McD wajib mengikuti pelatihan khusus dan menguasai seluruh proses produksi ayam goreng di dapur McDonald’s Indonesia. Hanya lulusan dengan verifikasi 100% yang berhak menyandang gelar ini. Mereka dapat dengan mudah dikenali dengan topi dan celemek merahnya," ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia dalam kegiatan Open Kitchen di bilagan Jakarta Pusat.

McDonald’s Indonesia mempunyai sejumlah ahli yang bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan proses pembuatan ayam goreng, yang disebut Spesialis Ayam McD. Para Spesialis Ayam McD yang sebelumnya sudah melalui pelatihan dan pembekalan keterampilan khusus ini harus menjaga konsistensi kualitas Ayam Goreng McD dan memastikan ayam goreng yang dibuat sudah memenuhi kriteria Gold Standard yang selama ini terus diimplementasikan McDonald’s Indonesia.

Proses memasak ayam goreng (Dok. Mcd)

"Daging ayam yang akan dimasak selalu didatangkan setiap hari dalam kondisi segar dan langsung dari pemasok. Dimasak dengan teknik yang spesifik dan presisi, apa pun jenis potongannya akan menghasilkan ayam goreng yang renyah dan gurih di setiap gigitan," tambahnya.

Komitmen dan usaha ini sejalan dengan visi McDonald’s untuk menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik yang selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, serta menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya.

Selain menjaga kualitas bahan yang digunakan, Spesialis Ayam McD juga harus memastikan proses pembuatan selalu mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh McDonald’s Indonesia. Berikut adalah tahapan dalam membuat Ayam Goreng McD yang renyah dan gurih:

  • Proses persiapan dimulai dengan merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celsius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan
  • Penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memperhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang krispi
  • Pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.
  • Ayam goreng disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaga ayam goreng agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan.

Proses pembuatan Ayam Goreng yang membutuhkan keterampilan dan ketelatenan yang tinggi ini membuktikan tekad kuat McDonald’s Indonesia dalam menyuguhkan santapan Ayam Goreng McD yang renyah dan gurih.

Imam Gazali, Quality Assurance Manager of McDonald’s Indonesia menambahkan, “Kualitas ayam yang diolah menjadi faktor penting dari ayam goreng yang akan disajikan nantinya. Semua pemasok ayam kami telah menerapkan standarisasi keamanan hayati atau biosecurity agar memenuhi kriteria keamanan pangan atau food safety, dan yang terpenting adalah memenuhi persyaratan halal. Kami harus memperhatikan semua hal ini agar kualitas ayam tetap segar ketika diantarkan setiap pagi hari ke seluruh gerai McDonald’s Indonesia”.

Rekomendasi