Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Renyah dan Tahan Lama, Begini Caranya

| 11 Aug 2024 16:55
Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Renyah dan Tahan Lama, Begini Caranya
Ilustrasi bawang (Sharma/Unsplash)

ERA.id - Bawang goreng adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam masakan Indonesia. Sajian ini sering digunakan untuk topping atau taburan nasi uduk atau masakan seperti opor. Resep bawang goreng pada dasarnya sederhana, Anda hanya memerlukan bawang merah. Namun, jika keliru menggorengnya, maka bawang goreng akan melempem dan tidak renyah. Lantas bagaimana cara menggoreng bawang merah agar renyah dan tahan lama?

Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Renyah dan Tahan Lama

Di bawah ini adalah cara menggoreng bawang merah agar renyah dan tahan lama dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher yang dapat Anda jalani.

Ilustrasi bawang goreng. (Pixabay)

Rendam dalam air garam 

Salah satu cara menggoreng bawang merah agar renyah adalah dengan merendam irisan bawang merah di air garam. Proses perendaman bisa Anda lakukan selama 15 menit.  Setelah proses perendaman bawang merah iris ini, Anda bisa langsung menggorengnya.

Taburi garam dan angin-anginkan 

Selain dengan cara direndam, bawang merah iris juga bisa ditaburi dengan garam halus kemudian dicampur hingga rata. Selanjutnya, tuang di atas tampah dan kemudian ratakan agar tidak saling tidih. Kemudian, angin-anginkan bawang merah sekitar 15-20 menit sebelum digoreng. Cara ini akan menjadikan bawang merah goreng lebih gurih dan renyah dengan tahan lama.

Goreng di minyak panas sedang 

Sebaiknya Anda menggoreng bawang merah tanpa menggunakan minyak yang terlalu panas. Sebab minyak panas bisa menjadikan bawang merah lebih mudah gosong dan pahit. Apalagi jika apinya disetel terlalu besar.

Bawang merah juga bisa digoreng sampai warnanya kuning kecoklatan. Hal ini perlu dilakukan agar bawang merah tidak terasa pahit. 

Beri tepung terigu

Tepung terigu juga bisa membantu menjaga kerenyahan bawang goreng. Untuk menggunakannya, Anda cukup melumuri bawang merah kupas dengan tepung terigu dan selanjutnya ratakan.

Tiriskan dengan kertas roti

Meniriskan bawang merah goreng juga bisa menjadi kunci kerenyahannya. Setelah warnanya berubah kecoklatan, segera angkat bawang merah goreng dengan memanfaatkan serok dan kemudian tiriskan. 

Setelah minyaknya tidak menetes, kemudian taruh bawang merah goreng di kertas roti atau tisu dapur. Selanjutnya, diamkan hingga dingin sebelum Anda simpan agar tidak berbau tengik.

Tambahkan Cuka

Bawang yang sudah Anda cuci, kemudian bisa diiris tipis. Selanjutnya tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk ukuran 500 gram bawang goreng, dapat menggunakan 4 sdm cuka. Setelah itu, bilas dan cuci sampai bersih. Goreng bawang dengan minyak sedang sampai warnanya kekuningan.

Manfaat Bawang Goreng untuk Kesehatan

Selain menambah kelezatan pada masakan, bawang merah juga menghadirkan beragam manfaat kesehatan yang menguntungkan. Kandungan antioksidan yang cukup berlimpah dalam bawang goreng berfungsi untuk melawan radikal bebas, penyebab berbagai penyakit degeneratif.

Demikian pula kehadiran flavonoid seperti quercetin, yang tidak hanya mampu meredakan inflamasi tetapi juga bisa menurunkan tekanan darah.

Serat dalam bawang goreng juga bisa menjaga kesehatan pencernaan yang baik. Salah satunya adalah mencegah masalah sembelit, selain itu dalam bawang goreng juga kaya dengan vitamin C dan B6 yang memberikan dukungan optimal untuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme energi.

Demikianlah ulasan tentang cara menggoreng bawang merah agar renyah dan tahan lama yang bisa Anda lakukan. Semoga cara ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi