Makanan yang Bikin Perut Gampang Lapar dan Ingin Makan Terus

| 26 Nov 2023 18:00
Makanan yang Bikin Perut Gampang Lapar dan Ingin Makan Terus
Makanan yang bikin perut gampang lapar (pexels)

ERA.id - Anda mungkin pernah mendengar bahwa alpukat, nasi merah, dan telur rebus bisa menunda lapar. Ya, itu benar. Namun, ada makanan penunda lapar, ada pula makanan yang bikin perut gampang lapar.

Makanan yang membuat perut cepat lapar biasanya tinggi gula, tinggi garam, rendah protein, dan sedikit serat. Jika Anda memakan makanan jenis ini, Anda rawan sering makan sehingga terjadi penumpukan kalori. Jika tetap dibiasakan hal ini bisa memicu berbagai penyakit, seperti diabetes.

Daftar Makanan yang Bikin Perut Gampang Lapar

  • Nasi putih

Nasi putih termasuk sumber karbohidrat dengan kandungan indeks glikemik yang tinggi. Kadar gula darah bisa naik dan turun dengan cepat atau tak terkendali setelah seseorang mengonsumsi nasi putih. Akibatnya, orang bisa jadi cepat lapar lagi.

  • Roti terigu

Makanan yang tidak mengandung banyak serat bisa membuat perut cepat lapar. Salah satu jenis makanan ini adalah semua roti yang terbuat dari tepung terigu, misalnya roti tawar.

  • Yoghurt rendah lemak

Yoghurt termasuk makanan yang baik untuk kesehatan. Yoghurt rendah lemak biasanya mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih cepat lapar.

  • Jus buah

Buah termasuk makanan yang mengandung banyak serat. Namun, serat pada jus buah biasanya sudah rusak karena proses blender. Selain itu, biasanya jus buah disajikan dengan tambahan gula, air, bahkan disaring.

Selain jadi mengandung gula tinggi, seratnya pun semakin sedikit. Akibatnya, orang yang mengonsumsi jus buah menjadi lebih cepat lapar. Kadar gula darah bisa naik dan turun secara cepat setelah mengonsumsi jus buah sehingga perut cepat terasa lapar.

  • Kentang goreng

Salah satu makanan penunda lapar adalah kentang rebus atau kentang panggang. Tapi, kentang yang digoreng dan diberu tambahan garam bisa membuat perut cepat lapar. Pada dasarnya, makanan yang asin bisa membuat perut cepat lapar.

  • Keripik

Berkaitan dengan rasa asing, keripik mengandung banyak natrium atau garam (yang membuatnya terasa asin). Selain itu, keripik juga tinggi karbohidrat, rendah serat, dan rendah protein. Tak heran jika makanan ini membuat seseorang cepat lapar.

  • Keju

Dikutip dari Eatthis, di dalam keju terdapat senyawa casomorphins. Selain itu, keju biasanya tinggi lemak dan garam. Orang biasanya lebih cepat lapar dan ingin terus makan setelah mengonsumsi keju.

  • Donat

Setelah makan donat, seseorang bisa merasa kenyang. Namun, donat adalah makanan yang tinggi gula sehingga rasa kenyangnya hanya sesaat. Orang yang makan donat akan lebih cepat merasa lapar.

Donat termasuk makanan yang bikin perut gampang lapar (pexels)
  • Makanan cepat saji

Secara umum, semua makanan cepat saji tinggi kalori, tinggi lemak trans, dan tinggi garam. Anda akan cepat lapar meski makan makanan cepat saji dalam porsi yang besar.

Penyebab Perut Cepat Lapar

Salah satu pemicu perut cepat lapar adalah efek insulin. Makanan dengan kandungan gula dicerna dengan cepat sehingga kadar gula darah naik. Kemudian, kadar gula darah akan turun dengan cepat sehingga produksi hormon ghrelin atau hormon kelaparan terstimulasi. Peningkatan produksi hormon ghrelin membuat Anda merasa lesu dan lapar.

Selain itu, berdasasrkan penelitian terbitan The American Journal of Clinical Nutrition, makanan dengan kandungan karbohidrat olahan bisa berpengaruh terhadap otak. Penelitian tersebut menunjukkan, orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi lebih cepat lapar daripada orang yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.

Itulah berbagai informasi mengenai makanan yang bikin perut gampang lapar. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi