Mengenal Karakteristik Appetizer yang Jadi Hidangan Pembuka Restoran dan Hotel

| 21 Jan 2024 23:53
Mengenal Karakteristik Appetizer yang Jadi Hidangan Pembuka Restoran dan Hotel
Jenis Appetizer (Gambar Louis Hansel-Unsplash)

ERA.id - Appetizer merupakan hidangan pembuka yang kerap kali disajikan pada beberapa restoran atau hotel. Pada umumnya, hidangan appetizer ini sudah tersedia dalam satu paket dengan menu utama atau hidangan penutup. Namun, beberapa orang bisa jadi belum memahami secara pasti apa itu appetizer. Untuk mengenal karakteristik appetizer lebih jauh, simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Karakteristik Appetizer

Makan merupakan salah satu aktivitas manusia untuk mengonsumsi berbagai jenis asupan untuk menerima manfaat di dalamnya seperti energi, vitamin, gizi, dan menunda rasa lapar yang dirasakan.

Kegiatan makan ini dapat dilakukan di rumah, tempat makan, restoran ataupun cafe yang banyak menawarkan berbagai macam pilihan menu dengan rasa yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya terdapat susunan atau urutan makan yang lazim dipraktikkan terutama di restoran berbintang?

Adapun struktur/susunan makan tersebut terbagi menjadi beberapa tahap dan selalu dimulai dengan hidangan pembuka atau lebih akrab disebut “Appetizer”. Seperti yang dipahami, dalam penyajian hidangan makanan tentu Anda tidak asing dengan istilah Appetizer.

Istilah ini bisa jadi sering Anda dengar dalam berbagai acara memasak di televisi. Atau bisa jadi, Anda sering membaca istilah Appetizer di daftar menu restoran yang menyediakan beragam pilihan makanan. Appetizer merupakan makanan ringan yang umumnya disajikan sebelum makanan utama.

Appetizer sebagai sajian pembuka saat sebelum sajian utama (main course) yang dihidangkan dengan maksud membangkitkan selera makan atau nafsu makan. Appetizer, dalam istilah bahasa Indonesia memiliki arti ‘hidangan pembuka’.

Adapun istilah Perancis menyebutkan Hors d’oeuvre (starter). Beberapa referensi juga menjelaskan bahwa Appetizer menjadi penghantar dalam menikmati sajian khusus.

Sedangkan tujuan dari sajian pembuka ini sendiri yaitu untuk memunculkan nafsu makan. Oleh sebab itu, jumlahnya kecil dengan rasa asam, asin atau pedas. Dalam hal ini, Appetizer merupakan sebutan untuk makanan pembuka, biasanya Appetizer berupa makanan kecil yang dihidangkan sebelum makanan utama atau dikonsumsi di antara waktu makan.

Appetizer ini dapat dibuat dari bahan-bahan yang sederhana, diolah sedemikian rupa sehingga akan memberikan cita rasa yang lezat. Sajian makanan pembuka yang lezat tentu akan memberikan kesan baik dan menarik untuk siapa pun yang sedang melakukan perjamuan makan.

Ilustrasi (Pixabay)

Apa saja jenis-jenis Appetizer?

Appetizer juga dikelompokkan dalam beberapa hal, mulai dari bahan yang digunakan hingga suhu dalam penyajiannya.

Berdasarkan Bahan yang Digunakan

  • Hors D’ Oeuvre Royale

Hors D’ Oeuvre Royale, yaitu appetizer yang menggunakan bahan pada harga mahal dan dalam penyajian tanpa sauce.

  • Sur Asiette Complate

Sur Asiette Complate, adalah appetizer yang menggunakan kelebihan bahan atau bahan-bahan dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Hors D’ Oeuvre Varies

Hors D’ Oeuvre Varies, yakni appetizer yang memanfaatkan bahan kombinasi antara bahan pada harga mahal dan murah.

Berdasarkan Suhu Penyajiannya

  • Cold Appetizer

Cold appetizer (Sajian Pembuka Dingin): Makanan yang dihidangkan seperti salad, shrim, coktail, atau cold, canape (sandwich kecil yang dihidangkan dingin). Misal: Canape, Pate, Aspic Jelly.

  • Hot Appetizer

Hot appetizer (sajian pembuka panas): Makanan yang disajikan bermacam tipe soup, muffin, fritter. Misalnya: Galantine, Croquette, Ballotines, Risoles, Quiche Lorraine.

Bagi Anda yang sudah mengenal karakteristik appetizer, tentunya akan mendapati berbagai macam cita rasa yang variatif. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi