Bahan Pengganti Tepung Maizena yang Bisa Digunakan untuk Masakan Serupa

| 16 Apr 2024 20:45
Bahan Pengganti Tepung Maizena yang Bisa Digunakan untuk Masakan Serupa
Pengganti Tepung Maizena (Foto: Lazada)

ERA.id - Tahukah Anda? Selain tepung terigu, tepung maizena juga menjadi salah satu bahan yang kerap dimanfaatkan dalam memasak. Maizena sering digunakan sebagai bahan untuk mengentalkan sup atau saus. Namun, Jika Anda merasa sulit menemukan tepung maizena, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan pengganti tepung maizena yang murah dan banyak didapatkan di pasaran seperti di bawah ini.

Bahan pengganti tepung maizena bisa Anda peroleh dengan mudah di pasaran. Apa saja jenisnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Tepung Maizena?

Tepung maizena adalah sejenis tepung yang berbahan dasar dari jagung. Lebih khusus, tepung ini dibuat dari pati yang berasal dari endosperma jagung.

Mengutip situs gunungkidulkab.go.id, selain menjadi komponen penting dalam pembuatan pakan ternak, jagung juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan maizena sekaligus sumber minyak pangan.

Namun, dalam kondisi tertentu, ada beberapa bahan yang bisa dijadikan bahan pengganti tepung maizena. Salah satunya adalah tepung sagu atau tapioka.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bahan Pengganti Tepung Maizena

Di bawah ini adalah beberapa bahan pengganti tepung maizena yang murah dan bisa diperoleh dengan mudah.

Tepung Tapioka

Tepung tapioka merupakan sebutan lain dari kanji yang berasal dari saripati singkong. Penggunaan tepung tapioka sebagai pengental masakan tentunya harus disesuaikan takarannya.

Sebab, tepung kanji memiliki karakter yang lengket. Jika terlalu banyak digunakan maka Anda akan mendapatkan hasil tekstur seperti lem.

Tepung Sagu

Jika tapioka diproduksi dari saripati singkong, lain halnya dengan tepung sagu yang berasal dari saripati batang sagu.

Tepung ini memiliki kandungan amilopektin dari pati yang mampu menyerap cairan dari bahan makanan yang dipanaskan.

Bahan inilah yang membuat saus atau sajian lain yang dimasak menggunakan campuran tepung sagu akan terlihat mengental.

Tepung Serbaguna

Tepung serbaguna tidak termasuk sebagai tepung murni, tidak bebas gluten, tetapi dapat Anda gunakan sebagai pengental seperti hanya maizena. Namun, dalam prosesnya, dibutuhkan lebih banyak tepung serbaguna jika Anda hendak menggunakannya sebagai pengental.

Tepung Beras

Takaran tepung beras yang digunakan untuk mengentalkan makanan tentunya tidak sama dengan maizena.

Memasukkan satu sendok makan maizena ke dalam masakan sama halnya dengan tiga sendok makan tepung beras sebagai pengganti. Selain itu, tepung beras pun umumnya digunakan dalam olahan crispy agar memiliki tekstur yang lebih keras.

Tepung Terigu

Jika Anda hendak menggunakan tepung terigu sebagai pengganti maizena, Anda dapat mencampurkan takaran dua kali lebih banyak serta tambahkan air dingin. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan efek yang serupa dengan maizena.

Demikianlah beberapa bahan pengganti tepung maizena yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berbagai bahan di atas akan memberikan hasil yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan tepung maizena jika takaran yang Anda gunakan tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi