Resep Donat Labu Viral ala I'm Donut: Mudah dan Anti Gagal

| 23 Apr 2024 19:07
Resep Donat Labu Viral ala I'm Donut: Mudah dan Anti Gagal
Resep donat labu viral (unsplash)

ERA.id - Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan resep donat labu viral yang banyak menarik perhatian. Perpaduan rasa manis labu dan tekstur donat yang lembut menghadirkan sensasi unik yang tak terlupakan.

Ingin mencicipi kelezatan donat viral ala I'm Donut? Tenang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah loh! Kunci utama kelembutan donat ini terletak pada penggunaan labu kuning sebagai bahan utamanya.

Menariknya, proses pembuatannya pun terbilang mudah, hanya dengan mencampurkan bahan-bahan dan panggang dalam oven. Siap-siap yuk, rasakan sensasi manis dan lembut donat labu viral ini di rumah!

Artikel ini akan membahas langkah langkah membuat donat labu, mulai dari menyiapkan bahan-bahan, membuat adonan, hingga menggoreng dan menghias.

panduan membuat donat labu (unsplash)

Resep Donat Labu Viral

Dilansir dari King Arthur Baking, berikut ini beberapa bahan dan panduan membuat donat dari labu yang lezat dan anti gagal:

Bahan-Bahan:

  • 100 ml minyak sayur
  • 3 telur
  • 1 hingga 1 1/2 cup (198g hingga 298g) gula pasir
  • 1 1/2 cup (340g) labu
  • 3/4 sendok teh kayu manis
  • 1/4 sendok teh penuh pala dan jahe
  • 1 1/2 sendok teh garam dapur
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 3/4 cups + 2 sendok makan (224g) tepung terigu

Kemudian untuk bahan pelapis, anda dapat menambahkan tiga sendok makan (35g) gula dan kayu manis

Cara Membuat

  1. Panaskan oven sampai 175°C (350°F). Olesi tipis dua loyang donat dengan minyak. Jika tidak memiliki loyang donat, Anda bisa menggunakan loyang muffin standar, namun nanti bentuknya tidak akan seperti donat.
  2. Untuk membuat adonan kocok minyak, telur, gula, labu kuning, rempah-rempah, garam, dan baking powder hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan tepung terigu, aduk hanya sampai tercampur rata.
  4. Isi lubang loyang donat sekitar 3/4 penuh; gunakan sekitar 1/4 cup adonan per lubang. Jika Anda membuat muffin, isi setiap lubang sekitar 3/4 penuh; dalam resep ini menghasilkan sekitar 15 buah, jadi Anda perlu memanggang dalam dua tahap (kecuali Anda memiliki dua loyang muffin).
  5. Panggang donat selama 15 hingga 18 menit, atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan ke tengah donat keluar bersih. Jika Anda membuat muffin, panggang selama 23 hingga 25 menit.
  6. Keluarkan donat dari oven, dan setelah sekitar 5 menit, keluarkan dari loyang, dan pindahkan ke rak untuk mendinginkan.
  7. Membuat lapisan: Selagi donat masih hangat (tapi tidak lagi rapuh), goyangkan perlahan di dalam kantong berisi campuran gula dan kayu manis. Jika Anda membuat muffin, taburi bagian atasnya dengan banyak campuran gula dan kayu manis. Lapisi donat hanya jika dimakan di hari yang sama, atau donat akan menjadi lembek.
  8. Cara penyimpanan: Biarkan donat dingin sepenuhnya, dan simpan donat tanpa lapisan pada suhu ruang selama beberapa hari. Jangan dibungkus rapat dengan plastik; simpan donat di piring yang ditutup dengan penutup kue; atau di dalam kantong plastik yang tidak tertutup rapat. Tambahkan lapisan gula dan kayu manis sebelum disajikan.

Selain resep donat labu viral, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : resep donat labu
Rekomendasi