Cara Mudah Membersihkan Peralatan Dapur Stainless Steel yang Tepat

| 17 Jun 2024 09:30
Cara Mudah Membersihkan Peralatan Dapur Stainless Steel yang Tepat
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Membersihkan peralatan dapur terkadang menyebalkan. Kotoran yang menempel membuat malas membersihkan semua alat sisa masak.

Namun jika Anda tahu cara yang tepat dan mudah membersihkan peralatan berbahan baja anti karat atau stainless steel dengan simple, semua akan terasa ringan. Meskipun peralatan ini dibuat dari bahan stainless, bukan berarti tidak dapat kotor. Sebenarnya, bagaimana cara membersihkan peralatan stainless steel dengan tepat?

Permukaan peralatan yang mengkilap sangat mudah dihinggapi noda, kotoran dan penumpukan lain yang lebih jelas. Bahkan sidik jari pun bisa meninggalkan bekas di peralatan stainless steel.

Sedangkan saat bersih dan berkilau, stainless steel sangat terlihat cantik. Peralatan stainless steel seperti kulkas, microwaves dan oven akan memberikan sentuhan modern pada dapur. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, stainless steel seringkali mudah terlihat kusam dan kotor.  

Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel

Agar peralatan stainless steel Anda selalu terlihat cemerlang, Anda harus rutin membersihkannya. Melansir Architectural Digest, simak caranya di bawah ini.

Pastikan bekas noda yang ada pada peralatan stainless steel

Ketika membersihkan stainless steel atau baja anti karat, noda bisa saja berasal dari berbagai macam faktor. Nah, cara membersihkannya juga tergantung pada jenis noda.

Noda cipratan air atau bekas air dapat dilap dengan mudah. Sedangkan bekas makanan yang menempel pada peralatan stainless steel harus dibersihkan dengan produk pembersih yang lebih serius. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jenis noda yang akan Anda tangani.

Namun, yang pasti jangan gunakan sabut baja untuk menggosok noda yang membandel. Sebab, sabut baja ini akan meninggalkan goresan pada peralatan stainles steel Anda.

Anda dapat menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dengan lembut menggunakan tisu atau kain microfiber. Untuk noda membandel seperti bekas saos, sebaiknya rendam terlebih dahulu.

Anda juga dapat mencoba memanfaatkan soda kue dan cuka putih dan semprotkan ke bagian noda. Selanjutnya gosok dengan lembut menggunakan kain lembut atau tisu dan bilas dengan air hangat.  

Bagaimana cara membersihkan peralatan stainless steel? (Pixabay)

Temukan solusi pembersihan yang tepat untuk stainless steel

Salah satu cara membersihkan peralatan stainless steel dengan mudah yaitu dengan menggunakan produk yang tepat. Anda bisa mencari produk yang menggunakan minyak esensial.

Produk yang terdiri dari campuran minyak kelapa dan minyak esensial lavender dapat menuntaskan kotoran lengket dalam waktu yang singkat. Demikian pula dengan minyak esensial peppermint yang juga dapat menjadi antiseptik alami untuk menangani bakteri apapun yang berisiko menumpuk.

Bersihkan dengan mengikuti arah serat baja

Ketika membersihkan peralatan baja anti karat alias stainless steel, ada satu aturan yang harus Anda lakukan, yaitu lap atau gosok searah dengan serat baja. Cara ini cukup mudah diterapkan pada baja yang seratnya terlihat.

Namun, jika peralatan baja Anda tidak terlihat seratnya, raba terlebih dahulu dengan tangan Anda. Sampai Anda menemukan arah seratnya. Selanjutnya, Anda akan membersihkan peralatan dengan mudah.

Gosok peralatan stainless steel Anda

Setelah membersihkan peralatan stainless steel Anda, lakukan satu langkah lagi, yaitu gosok peralatan Anda dengan kain microfiber yang kering.

Olesi dengan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menambahkan kilau pada peralatan stainless steel Anda. Selain itu minyak zaitun juga berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk stainless steel di antara proses pembersihan secara menyeluruh.

Caranya juga cukup mudah dilakukan. Anda hanya meneteskan sedikit minyak zaitun atau olive oil di kain microfiber. Selanjutnya gosok sesuai dengan serat baja.

Demikianlah ulasan tentang cara membersihkan peralatan stainless steel dengan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi