Diklaim Singapura Sebagai Kue Nasional, Bagaimana Asal Usul Kue Pandan yang Sebenarnya?

Tim Editor

Kue pandan (Foto: Instagram/@resepjajananpasar)

ERA.id - Kue pandan saat ini menjadi sorotan di Singapura. Pasalnya, kue pandan ini dinobatkan sebagai salah satu dari 17 kue terbaik dunia yang masuk dalam situs outlet berita AS CNN.

Dikutip dari The Straits Times pada Senin (21/9/2020), CNN AS menyatakan cake pandan sebagai kue populer di Singapura. Dalam artikelnya pada 2 April silam, CNN AS merilis 'Cakes of The World' versi CNN. Tak hanya kue pandan, kue lapis legit dari Indonesia juga masuk di dalam daftar 17 kue terbaik di dunia. 

Kue ini sebenarnya populer di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga Thailand. Hal yang lebih mengejutkan ialah kue pandan disebut sebagai kue nasional Singapura, pengakuan yang sama juga diberikan kepada Malaysia.

Kue pandan sendiri dideskripsika adalah kue sifon (chiffon cake) ditambah dengan cairan warna hijau dari daun pandan (essen pandan)

"Rona yang memancar bak radioaktif dari kue ini menyamarkan rasa alami. Kue sifon yang lembut namun basah, rasanya seperti anugerah," tulis artikel tersebut. 

Dua pembuat roti lokal Singapura, Pine Garden dan Bengawan Solo telah diapresiasi. Bahkan, kue pandan versi Pine Garden dipuji sebagai salah satu yang terbaik.

Sementara Indonesia sendiri telah diwakilkan dengan lapis legit sebagai kue nasionalnya. Lalu dari Jepang ada dorayaki yang disebut sebagai kue nasional. Sedangkan, 'mai lai go' dianggap sebagai kue nasional Hong Kong.

Selain itu, ada kue baklava dari Turki, victoria sponge dari Britania Raya , tiramisu dari Italia, pavlova berasal dari Selandia Baru dan cheesecake dari Amerika Serikat.

Atas beredarnya berita itu, akun Twitter @luviku mengunggah link artikel dari Strait Times, yang berisi polling apakah cake pandan berasal dari Singapura. Akun Twitter tersebut mengajak warganet Indonesia untuk vote 'NO'.

"Silakan pilih "TIDAK" dan lindungi kekayaan kuliner kita. CNN menyebut kue pandan sebagai kue nasional Singapura, mempromosikan Pine Garden dan Bengawan Solo, Food News & Top Stories - The Straits Times," tulis akun Twitter @luviku pada (19/09).

Banyak warganet yang berpendapat soal klaim kue pandan ini. Ada yang setuju bahwa cake pandan berasal dari Indonesia. Ada pun warganet yang menuliskan bahwa debat seperti ini tidak penting.

"Kue mana ada yang asli Indonesia? Paling-paling kerak telor, resep para emak-emak, dharma wanita di zaman pengungsian," komentar @WisnuRamadi

"CNN nge-hoax mulu. Ditinggal penonton di Amerika, malah tebar teror di Asia," tulis @BukanUtkCebong

"Hadeuh biarin lah cuma kue doang. Pasir Indonesia dikeruk dibawa ke Singapura, gak ada yang vote nih," tutur akun @maddario8.

Hasil polling di Strait Times menunjukkan bahwa 91 persen orang memilih kue pandan bukan asal dari Singapura. Hanya 8,4 persen yang memilih kue pandan asli dari Singapura. 

Diketahui, Indonesia kue pandan sangat populer dan mudah didapatkan di toko kue,supermarket hingga pasar tradisional. Tak diketahui pasti negara mana yang pertama kali membuat pandan.

Dikutip dari Wikipedia, bolu pandan berasal dari Indonesia dengan pengaruh dari Belanda. Konon, teknik pembuatan ini diperkenalkan pada masa kolonial Eropa.

Seperti yang diketahui, zaman dahulu kala Indonesia pernah dijajah oleh Belanda. Masa pendudukan Eropa di negara-negara Asia Tenggara pastinya memberikan pengaruh dalam budaya. Tak terkecuali untuk kuliner di tiap negara.

Nama lain dari kue pandan adalah bolu pandan di Indonesia, kek pandan di Malaysia, serta pandan cake di Singapura dan Filipina.

Tag: viral Kue pandan

Bagikan: