5 Film Indonesia yang Cocok Ditonton saat Kumpul Seru Bareng Keluarga

Tim Editor

Dua Garis Biru (Instagram/@duagarisbirufilm)

ERA.id - Beragam genre film yang hadir di industri perfilman terkadang membuat para penikmat kebingungan untuk memilih film yang cocok buat ditonton bareng keluarga. 

Tapi tak sedikit sineas Indonesia yang membuat film bertema keluarga dan mengandung pesan mendalam di tiap filmnya. Dua Garis Biru misalnya, film yang mengangkat tema edukasi seks ini berpengaruh besar dengan kehidupan keluarga sekaligus hubungan keluarga. 

Makanya enggak heran film itu jadi salah satu tontonan yang wajib masuk daftar tontonan bareng keluarga, terutama ditonton bareng anak yang memasuki usia remaja. 

Selain Dua Garis Biru karya Gina S Noer, berikut ini film yang cocok ditonton bareng keluarga. 

1. Sabtu Bersama Bapak 

Film ini mengisahkan seorang bapak bernama Gunawan Garnida (Abimana Aryasatya) yang divonis tak lagi banyak waktu untuk hidup di dunia. Dia hanya memiliki satu tahun untuk hidup bersama anak-anaknya, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahendra). 

Mengetahui hal itu Gunawan pun memilik cara untuk merekam pesan untuk anak-anaknya. Ketika dewasa, rekaman itu diputar oleh Itje (Ira Wibowo) setiap hari Sabtu. 

Lewat film ini nantinya para penonton bisa mengambil nilai positif tentang betapa pentingnya waktu dan kebersamaan dengan keluarga. 

2. Tampan Tailor

Pernah ngeliat seorang penjahit setampan Vino G Bastian? Di film Tampan Tailor ini kamu bisa ngeliat Vino sebagai seorang penjahit yang berjuang mati-matian untuk anak semata wayangnya, Bintang (Jefan Nathanio). 

Kehidupan Topan (Vino) berubah setelah istinya meninggal dunia. Semuanya jadi serba sulit terutama bagi masa depan Bintang yang hampir dikeluarkan dari sekolah karena kekurangan biaya. 

Untungnya Topan dibantu sepupunya, Darman (Ringgo Agus Rahman) setelah kehilangan toko jaitnya. Dia pun mulai melakukan berbagai pekerjaan demi mencukupi kehidupannya dengan Bintang. 

Perlu diingat hati-hati pas nonton film ini karena mengandung bawang dan bisa bikin kamu nangis tak berhenti. 

3. 9 Summer 10 Autumns

Salah satu film yang diangkat dari kisah nyata ini juga jadi salah satu rekomendasi tontonan bareng keluarga di rumah loh. Apalagi kisah inspiratifnya ini bisa bikin kamu termotivasi dan rajin bekerja. 

Berkisah tentang seorang anak supir angkot yang hidup dengan keterbatasan ekonomi. Selama menjalani kehidupan bapaknya dikenal sebagai orang yang keras dalam mendidik dan membangun karakter anaknya. 

Tetapi berbeda dengan ibunya yang justru mengajarkan rendah hati dan lemah lembut. Meski ajaran yang bertolak belakang itu, anaknya membuktikan kalau dia mampu dan bisa sukses di masa depan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#9summer10autumns #iwansetyawan9summers10autumns

A post shared by Yoga Aji Kusuma CSA,QWP (@daudyogaaj) on

Hal ini pun dia buktikan dengan keberhasilan kariernya sebagai direktur di perusahaan multinasional. Kisah inspiratif ini bisa memacu semangat dan perjuangan kamu sekaligus melihat kenyataan tentang kerasnya dunia. 

4. Orang Kaya Baru

Lewat film Orang Kaya Baru ini kamu akan dibuat gemas dengan tingkah Raline Shah yang dari pakaian compang-camping jadi glanor dan branded. 

Apalagi film ini menggambarkan sebuah keluarga yang mendadak kaya setelah kematian bapaknya (Lukman Sardi). Ternyata bapaknya meninggalkan segudang warisan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Selamat untuk @jokoanwar yang mendapatkan nominasi 'Penulis Skenario Asli Terbaik' Festival Film Indonesia 2019 untuk Film ORANG KAYA BARU.

A post shared by Orang Kaya Baru - The Movie (@film_okb) on

Uang itu pun mereka gunakan untuk membeli rumah mewah, mobil, dan barang mewah lainnya. Tika (Raline Shah) juga memiliki dua orang saudara laki-laki, Duta (Derby Romero) dan Dodi (Fatih Unru). 

Sayang kehidupan mewah yang mereka dapatkan itu membuatnya menjadi sering menghaburkan uang tanpa kontrol yang pasti. Akankah mereka kembali hidup miskin? 

5. Kulari ke Pantai

Khusus film yang satu ini sih para penonton bakal dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari Indonesia, mulai dari Jakarta hingga Banyuwangi. 

Berkisah tentang Ibu dan Anak, Uci (Marhsa Timothy) dan Sam (Maisha Kanna). Keduanya tinggal di pulau Rote, yang memiliki rencana untuk liburan ke Jakarta hingga Banyuwangi. 

Mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan darat agar bisa menikmati suasana dan bertemu peselancar idola Sam. Tetapi ditengah jalan rencana itu terpaka diubah lantaran Happy (Lil’li Latisha) ikut bersama mereka. 

Sialnya hubungan Sam dan Happy ini tidak cukup baik dan terpaksa menghabiskan perjalanan sejauh 1000 km di satu mobil yang sama. Bisakah Sam dan Happy kembali akur? 

Melalui film Kulari ke Pantai ini kamu bakal melihat keindahan Indonesia yang sangat kaya dalam sebuah potret film. Dari pada penasaran mending langsung aja tonton filmnya deh. 

Dari kelima film di atas masing-masing pastinya punya makna dan pesan mendalam tersendiri yang bisa dipetik jika nonton filmnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai cicil tontonan ini bareng keluarga selama PSBB jilid dua berlaku.  

Tag: film

Bagikan: