Hanya Mengandalkan Rice Cooker, 6 Masakan Kekinian Patut Dicoba Anak Kos Supaya Enggak Mie Instan Melulu

| 24 Feb 2021 07:00
Hanya Mengandalkan Rice Cooker, 6 Masakan Kekinian Patut Dicoba Anak Kos Supaya Enggak Mie Instan Melulu
Ilustrasi Sandwich (Unsplash/@olamishchenko)

ERA.id - Sebagai anak kos, memasak mungkin hal yang merepotkan dan tidak mudah untuk dilakukan karena kurangnya peralatan dan tentunya rasa malas. Namun, makanan di bawah ini sangat mudah untuk diolah dan beberapa dapat dimasak hanya menggunakan rice cooker di kosan kamu.

Yuk, simak langsung ulasan dan resepnya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pancake pisang

Membuat pancake tidak serumit yang kamu bayangkan. Bahan - bahan untuk membuat pancake murah dan sangat mudah untuk ditemukan. Cukup dengan susu, telur, tepung, dan gula. Untuk memberikan rasa pada pancake, cukup tambahkan buah kesukaan seperti pisang.

Semua bahan itu kemudian diaduk hingga menyatu secara merata. Kemudian masak dengan menggunakan kompor ataupun menggunakan rice cooker juga bisa. Tinggal letakkan saja sedikit mentega di panci atau rice cooker, lalu tuangkan adonan dan tunggu hingga berwarna kecoklatan. Pancake yang sudah matang susun di atas piring lalu beri sedikit madu atau sirop.

2. Bibimbap ala Indonesia

Bibimbap adalah salah satu makanan khas Korea yang berupa nasi campur. Kamu juga bisa buat makanan satu ini di kosan lho. Caranya gampang banget. Gak perlu sama dengan versi bibimbap asli, kamu bisa buat bibimbap ala Indonesia tetapi tetap lezat. Sediakan nasi putih sesuai porsi kamu, sayuran kesukaan, bawang merah dan bawang putih, telur dan saus tiram. Kamu juga bisa tambahkan lauk seperti nugget dan tempe.

(unsplash/ nikolay_smeh)

Cara mengolah bahannya, cukup rebus telur, lalu tumis semua sayuran bersama bawang merah dan bawang putih, serta tambahkan saus tiram satu sendok makan. Kemudian letakkan nasi pada mangkuk, tata rapi lauk dan sayuran, letakkan telur di tengah, bibimbap sudah siap untuk disantap.

3. Sup Sayuran

Siapa bilang anak kos gak pernah makan makanan sehat? Kamu bisa kok buat masakan sehat di kosan, apalagi di kondisi saat ini yang membutuhkan asupan makanan sehat untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Makanan sehat yang dibutuhkan adalah berupa sayur - sayuran.

(Unsplash/@reskp)

Beli saja sayuran seperti brokoli, wortel, atau yang lainnya sesuai kesukaan. Kamu bisa memasak sup sayuran ini di rice cooker lho. Caranya dengan masukkan air secukupnya ke dalam rice cooker dan tunggu hingga mendidih. Lalu masukkan irisan bawang, kemudian wortel dan garam sesuai selera. Tunggu hingga wortel sudah lembut, lalu masukkan brokoli. Kamu juga bisa tambahkan potongan sosis ke dalamnya biar rasa lebih bervariasi. Sup sayuran simple kamu sudah jadi deh.

4. Sandwich mie goreng

Mie instan adalah makanan yang khas anak kos banget. Tetapi biar menu makanan kamu lebih bervariasi, kamu bisa padukan mie dengan roti menjadi sebuah sandwich. Caranya sederhana banget, campurkan mie yang sudah direbus dan ditiriskan dengan bumbu dan telur lalu goreng hingga matang. Letakkan mie yang sudah di goreng di sela - sela roti tawar. Tambahkan saos dan keju, sandwich mie siap untuk dinikmati.

5. Steak Tempe

Steak tempe merupakan menu enak dan murah meriah. Cara mengolahnya, kukus tempe kemudian ulen tempe dengan menambahkan tepung, garam, dan lada secukupnya. Setelah adonan tercampur rata, bentuk adonan sesuai selera. Lalu goreng adonan yang sudah dibentuk hingga matang. Gimana, praktis bukan? Kamu bisa tambahkan saos untuk menambah kelezatannya.

(Instagram/@ceritadapurdewi)

6. Bolu Milo

Untuk cemilan, kamu bisa buat bolu milo hanya dengan menggunakan rice cooker. Bahan - bahannya murah dan sangat mudah ditemukan. Cara membuatnya panaskan air terlebih dahulu di dalam rice cooker. Sediakan mangkuk yang tahan panas, lalu masukkan 1 sachet milo, tambahkan gula pasir, tuang air 4 sendok makan, lalu aduk hingga larut. Kemudian tambahkan margarin cair, tepung terigu, dan baking powder. Aduk adonan hingga tercampur merata dan kental. Masukkan adonan ke dalam rice cooker dan tunggu matang selama 30 menit.

(Instagram/@dherlyna)

Itu dia 6 menu masakan sederhana yang patut dicoba oleh anak kos biar asupan makanannya lebih terjamin dan tentunya hemat. Jadi dari keenam masakan di atas, mana yang akan kamu coba lebih dulu?

Rekomendasi