9 Jenis Masakan Khas Korea Paling Digemari dan Cocok dengan Lidah Orang Indonesia

Tim Editor

Masakan Korea (Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

ERA.id - 'Racun' drama Korea, rupanya tak hanya memunculkan gairah dari alur cerita yang tercipta. Namun, kuliner yang terangkat dalam drama juga turut 'meracuni' pecinta drama Korea. Maka tak heran bila kuliner Korea kini banyak banyak dicari dan langsung mendapat tempat di hati K-Popers Indonesia.

"Masakan Korea itu banyak diterima oleh lidah orang Indonesia karena bahan dan bumbu yang dibutuhkan sudah banyak dijumpai di berbagai pasar, baik pasar tradisional maupun modern misalnua shoyu, kecap yang selalu digunakan saat memasak, kemudian Gochujang, saus cabai seperti yang biasa digunakan untuk kimchi," jelas Ansori Chef Harris Hotel Festival Citylink. 

Penasaran apa saja sih kuliner khas Korea yang banyak digemari? Berikut ulasannya.

1. Dakgangjeong

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Salah satu menu Korea yang wajib kamu nikmati adalah Dakgangjeong, mudah diolah dan rasanya bisa diterima oleh lidah orang Indonesia, ayam crispy dengan rasa manis, tentunya disukai oleh semua umur karena tidak pedas, biasanya kalau di Korea menjadi menu untuk bekal sekolah anak. 

2. Tteokbokki

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Kalau di Indonesia punya beras sebagao sumber karbohidrat, Korea memiliki tteokbokki atau tteok. Tepung beras yang diolah menjadi adonan kemudian bentuk seperti sosis, kemudian direbus. 

Biasanya saat dimasak, menggunakan gochujang dan shoyu untuk menguatkan aroma dari masakan khas Korea. Kata Ansori, kalau di korea, tteokbokki adalah makanam rakyat atau salah satu makanan kako lima yang harganya terjangkau.

3. Bibimbap

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Makanan Korea terkenal dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tentunya sehat. Salah satu makanan yang sudah eksis di Indonesia adalah Bibimbap. Terdiri dari semangkuk nasi putih yang dilengkapi berbagai sayuran, daging sapi, telur dan dilengkapi oleh saus pedas atau gochujang. 

Sebelum disantap, biasanya nasi dan pelengkap dalam bibimbap diaduk menjadi satu, agar saat dinikmati, hanya satu rasa yang kita rasakan. 

4. Dakgalbi

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Di Korea, dakgalbi merupakan makanan yang selalu hits disepanjang massa, saking eksis-nya penggemar Korea di Indonesia ingin menikmati makanan yang terdiri dari tumisan daging ayam yang dipotong berbentuk dadu kemudian direndam saus gochujang tersebut. 

Pelengkap lain yang menjadi komposisi dari dakgalbi ubi jalar, kol, daun perilla, daun bawang, tteok, dan bahan-bahan lainnya. Biasanya, orang Korea menikmati makanan ini dalam porsi yang besar alias Mukbang. 

5. Japchae

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Alasan kenapa makanan Korea mudah diterima oleh orang Indonesia, karena memiliki komposisi yang tidak beda jauh dengan makanan Indonesia. Salah satunya Japchae, olahan sohun yang dilengkapi oleh berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Kalau di Indonesia biasanya sayur yang digunakan adalah sosin, japchae menggunakan sayuran yang sedang musim. 

6. Bulgogi

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Buat kamu yang sering menyambangi restoran Korea, pasti sudah tidak asing lagi sama makanan yang terdiri dari daging sapi yang dilengkapi dengan campuran rempah, kecap asin dan gula ini. 

Biasanya, daging yang digunakan untuk mengolah menu ini menggunakan daging lowfat, tapi ada juga daging dengan bagian lemak, kemudian dipotong tipis alias shortplate. 

Kata Ansori, daging yang tipis dipilih, agar cita rasa khas bulgogi, bisa meresap dan mudah dinikmati karena tekstur daging tipis dan tidak akan alot. 

7. Ramyeon

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Jangan ngaku penggemar film Korea, kalau belum menikmati mie ala Korea satu ini, pasalnya santapan ini sering sekali ada dibeberapa scene film korea yang terkadang, terlihat sangat menggiurkan. Salah satu drama korea yang 'What's Wrong With Secretary Kim?' dan beberapa film lainnya. 

Salah satu ramyeon instan yang terkenal di Indonesia adalah samyang, saking viralnya, samyang banyak dijadikan challange buat penggemar pedas, apakah mampu menghabiskan satu porsi dengan rasa pedas yang luar biasa. 

8. Bingsu

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Setelah mengenal berbagai makanan berat, ada dessert asal Korea yang eksistensinya tidak diragukan lagi. Kalau di Indonesia, bingsu itu es serut orang Korea dengan varian buah menambah sensasi segar yang menggugah selera.

“Biasanya es yang meleleh setelah menyantap sup buah akan terasa segar jika ditambahkan manisan dan juga madu sebagai pengganti gula,” jelasnya

9. Hotteok

(Dok. Era.id/Anda Mahardhika)

Dessert ini sering disebut seperti pancake karena tampilannya yang menambahkan ice cream di atas kue. Padahal kalau kita memakannya akan merasakan sensasi baru, yaitu terdapat cita rasa manisan kacang merah yang menawarkan rasa baru menikmati pancake ala Korea.

Tag: kuliner kuliner Korea makanan Korea Korean food

Bagikan: