Mantap untuk Buka Puasa, 3 Menu Olahan Singkong yang Gampang Dibuat

Kolak singkong (IG @pawone_rini)

ERA.id - Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang biasa dibuat menjadi berbagai jenis olahan makanan. Di bulan puasa saat ini, olahan makanan dari singkong sering dijadikan sebagai pilihan menu untuk berbuka puasa. 

Selain harganya yang cukup murah dan pembuatannya gak ribet, inilah beberapa olahan makanan dari singkong yang bisa dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. 

1. Kolak singkong

Jika kamu bosan makan kolak dari pisang, yuk sekali-sekali coba berbuka puasa dengan kolak yang terbuat dari singkong. Pembuatan kolak singkong ini tak jauh berbeda dengan kolak pisang, karena yang membedakannya hanya bahan utamanya saja.

Untuk bahan lainnya tetap menggunakan santan, gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, dan air. Cara membuatnya juga gampang, yaitu pertama rebus singkong hingga lembut. Kemudian masukkan gula merah, gula pasir, garam dan masak dengan api sedang hingga mengental. Lalu masukkan santan dan daun pandan. Tunggu hingga kolak singong mendidih dan siap untuk disantap.

2. Misro

Misro (IG @resepjajananpasar)

Kalau ingin berbuka puasa dengan menu makanan yang manis, kamu bisa mencoba misro. Misro merupakan salah satu gorengan dari singkong yang dalamnya diisi dengan manisnya gula merah. 

Untuk membuat makanan yang satu ini juga sangat gampang dan tidak memerlukan terlalu banyak bahan. Cukup sediakan singkong secukupnya, garam, dan gula merah. Jika ingin rasa sedikit pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Kemudian parut singkong hingga halus, lalu bentuk adonan hingga sebesar bola pingpong. Ketika membentuk adonan misro jangan lupa untuk memberi gula merah parut di dalamnya. Setelah dibentuk, goreng misro hingga berwarna kuning kecoklatan. 

3. Combro

Combro (IG @resepjajananpasar)

Berbeda dengan misro yang memiliki citarasa manis, combro merupakan gorengan dari singkong yang memiliki rasa gurih. Jika misro diisi dengan gula merah yang manis, maka combro diisi dengan isian tumis oncom yang biasanya diolah gurih pedas.

Untuk membuat combro, sediakan singkong yang sudah diparut secukupnya, kelapa parut, oncom, bawang merah dan bawang putih, serta cabai. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai, lalu hancurkan oncom. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan oncom ke dalamnya. 

Setelah itu bentuk singkong yang sudah diparut menjadi berbentuk pipih. Tambahkan tumisan bumbu halus dan oncom di atasnya, lalu bentuk menjadi lonjong. Goreng combro hingga berwarna kuning kecoklatan.

Itulah beberapa olahan makanan dari singkong yang bisa dijadikan pilihan menu untuk berbuka puasa. Jadi, mau coba masak yang mana dulu nih?

Tag: kuliner ramadan buka puasa Singkong kolak singkong

Bagikan: