Tetap Sehat Saat Pandemi Covid-19, 6 Makanan dengan Antivirus yang Membantu Perkuat Imunitas Tubuh

| 05 Aug 2021 08:01
Tetap Sehat Saat Pandemi Covid-19, 6 Makanan dengan Antivirus yang Membantu Perkuat Imunitas Tubuh
Coklat (Foto: Pexels/Anete Lusina)

ERA.id - Salah satu cara yang terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dimasa pandemi Covid-19 adalah menerapkan pola makan bergizi. Mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Makanan yang bersifat antiviral atau antivirus baik untuk membantu mempertahankan imunitas tubuh.

Terdapat sejumlah makanan yang mengandung nutrisi sekaligus antivirus yang membantu perkuat sistem imun. Dilansir dari MD Linx pada Kamis (5/8/2021), berikut 6 makanan dengan antivirus membantu perkuat imunitas tubuh.

1. Rempah dan bumbu dapur

Rempah dan bumbu dapur memiliki kandungan antioksidan tinggi dari makanan atau minuman apa pun yang dikonsumsi. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi oleh panel peneliti internasional. Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis lebih dari 3100 bahan makanan, minuman, rempah-rempah, herbal, dan suplemen untuk menentukan kandungan antioksidan total masing-masing.

Di antara ratusan bumbu dan rempah-rempah, mana yang ditemukan memiliki tingkat antioksidan tertinggi? Cengkih adalah nomor satu, diikuti oleh peppermint, allspice, kayu manis, oregano, thyme, sage, rosemary, safron, dan tarragon.

2. Buah-buahan

Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)
Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)

Menurut peneliti USDA mengatakan buah seperti plum, apel Red Delicious, apel Granny Smith, apel Gala, ceri manis, mangga, jambu biji, delima, dan kurma ditemukan mengandung dosis antioksidan yang sehat. Selain itu, buah berry memiliki kandungan antioksidan rata-rata buah beri dan, pada tingkat lebih rendah, produk beri (seperti selai) relatif tinggi. Berry kaya antioksidan yang mungkin ditemukan adalah blueberry, cranberry, blackberry, raspberry, blackcurrant, goji berry, dan stroberi.

3. Sayuran

Bicara soal sayuran dengan antioksidan, kamu mungkin memikirkan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung. Kandungan antivirus pada sayuran ini kaya akan antioksidan. Selain sayuran hijau, sayuran lain yang ditemukan sebagai sumber antioksidan yang baik adalah kentang, cabai merah dan hijau, kubis merah, bit merah, zaitun hitam dan hijau, dan okra.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan bijian (Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán)
Kacang dan bijian (Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán)

Kacang-kacangan dan biji-bijian bukan hanya makanan ringan yang sehat, banyak yang benar-benar menawarkan jumlah antioksidan yang sehat. Diantaranya adalah kenari, pecan, almond, biji bunga matahari, chestnut, kacang tanah, dan hazelnut. Kacang-kacangan adalah sumber nutrisi kecil yang kaya akan protein, serat, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Dengan ukuran porsi, kacang memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi di antara semua makanan, menurut analisis USDA. Kacang-kacangan yang tinggi antioksidan adalah kacang merah, kacang merah, kacang pinto, dan kacang hitam.

5. Kopi dan teh

Kopi dan teh terkenal dengan minuman yang kaya antioksidan. Tetapi, tahukah kamu bahwa kopi juga mengandung banyak antioksidan? Minuman dengan jumlah antioksidan tertinggi antara lain espresso, kopi, anggur merah, jus delima, teh hijau, jus anggur, teh hitam, dan jus prune.

6. Coklat

Coklat (Foto: Pexels/ Vie Studio)
Coklat (Foto: Pexels/ Vie Studio)

Coklat sering dianggap sebagai makanan tinggi kalori yang tidak bernutrisi. Faktanya, cokelat yang masih murni dan belum ditambahkan bahan-bahan lainnya justru memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Kandungan antioksidan pada cokelat juga dipercaya sebagai komponen pembentuk antivirus yang sangat baik. Konsumsi cokelat untuk membantu kekuatan imunitas tubuh juga begitu disarankan para ahli. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa manfaat ini bisa didapatkan pada cokelat dengan kadar kakao 70 persen sampai 99 persen.

Rekomendasi