Cocok Dikonsumsi di Masa Pandemi Covid-19, 6 Jenis Kacang Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tim Editor

Jenis kacang-kacangan (Foto: Pexels/Jess Loiterton) imun

ERA.id - Di masa pandemi Covid-19, tentu kita harus konsumsi makanan bergizi yang bisa meningkatkan kekebalan. Rupanya, kacang masuk ke dalam daftar makanan tersebut. Kacang renyah dapat dimakan sebagai camilan di antara waktu makan atau bisa ditambahkan ke hidangan pilihanmu. Percayalah, kacang membuat makanan lebih enak dan sehat.

Kacang adalah pembangkit tenaga nutrisi. Setiap kacang yang ditambahkan ke dalam makanan, kamu memiliki beberapa nutrisi khusus yang membantu organ dan berfungsi lebih efisien. Untuk tujuan membangun kekebalan, sejumlah kacang ini lebih baik ketimbang yang lain. Berikut 6 jenis yang meningkatkan imun tubuh seperti dilansir dari Times of India pada Jumat (6/8/2021).

1. Almond

Almond (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
Almond (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

 

Almond adalah kacang paling sehat dari semuanya. Kaya akan protein dan mineral penting menjadikan almond salah satu kacang yang paling direkomendasikan untuk anak-anak. Kacang yang renyah dan lezat ini sangat kaya akan Vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kacang coklat juga kaya akan zat besi yang penting untuk kesehatan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi 5-6 almond yang direndam dan dikupas di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Kenari

Kenari populer dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, kenari sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kacang pohon ini sebagian besar dikaitkan dengan adanya asam lemak Omega 3. Nutrisi ini sangat anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kenari meningkatkan kekebalan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, kenari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, otak, dan sperma.

3. Mete

Mete (Foto: Pexels/ Martyn Gomersall)
Mete (Foto: Pexels/ Martyn Gomersall)

 

Musim hujan terkenal dengan virus flu dan jika kamu tidak ingin jatuh sakit, ambil segenggam kacang mete. Tinggi kandungan tembaga dan zat besi, kacang mete membantu tubuhmu membuat lebih banyak sel darah merah dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Kacang mete juga merupakan pilihan camilan yang bagus untuk orang mencoba menurunkan berat badan karena membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat istirahat. Kacang-kacangan ini merupakan sumber penting magnesium, seng, dan antioksidan, beberapa nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat.

4. Kacang Brazil

Kacang pohon asli Amazon dikenal karena teksturnya yang lembut, bermentega, dan rasanya seperti kacang. Sebagian besar manfaat kesehatan yang kuat dari kacang Brazil adalah karena adanya selenium, elemen penting untuk berfungsinya tubuh. Kacang brazil mengandung jumlah selenium tertinggi daripada kacang lainnya. Setiap kacang mengandung sekitar 96 mcg selenium dan beberapa varietas dapat memiliki sebanyak 400 mcg per kacang. Segenggam kacang brazil setiap hari dapat meningkatkan fungsi tiroid, mengurangi peradangan dan melindungi jantung dan otak dari beberapa penyakit.

5. Pistachio

Pistachio (Foto: Pexels/Yulava Sinmas)
Pistachio (Foto: Pexels/Yulava Sinmas)


Pistachio adalah kacang yang diremehkan dalam kategori ini tetapi manfaat kesehatannya tidak tertandingi. Kacang asin dan lezat ini memiliki segudang manfaat kesehatan berkat kandungan arginin dan Vitamin B6 di dalamnya. Nutrisi ini meningkatkan aliran darah dengan membantu membawa oksigen melalui aliran darah ke sel. Pistachio juga meningkatkan kekebalan dan kesehatan sistem saraf. Selain itu, arginin dapat membantu pria mengatasi disfungsi ereksi dengan merangsang aliran darah dan Vitamin B6 dapat membantu mengelola gejala PMS pada wanita.

6. Kismis


Kismis adalah buah kering, tetapi sangat bergizi. Saat mendaftar kacang penambah kekebalan, sulit untuk melewatkan kismis. Hal terbaik tentang kismis adalah harganya sangat murah dan serbaguna. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri buah melindungimu dari demam, infeksi, dan penyakit musiman lainnya. Selain itu, karena kandungan zat besi yang tinggi, kismis sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang menstruasi.

Tag: Makanan menaikan imun imun tubuh kacang

Bagikan: