Selain Air Putih, 9 Minuman Ini Sehat Diminum Setelah Bangun Tidur

| 28 Aug 2024 07:30
Selain Air Putih, 9 Minuman Ini Sehat Diminum Setelah Bangun Tidur
Ilustrasi minuman sehat (Freepik)

ERA.id - Biasanya, seseorang memiliki kualitas tidur antara 7-8 jam. Ini berarti pada saat bangun, tubuh kemungkinan akan mengalami dehidrasi. Mengonsumsi segelas air menyegarkan akan memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan penuh energi.

Orang-orang umumnya memilih air putih sebagai pilihan paling jelas untuk menghilangkan dehidrasi. Tetapi, ada sejumlah minuman yang bisa dicoba untuk dikonsumsi usai bangun tidur. Berikut 9 minuman yang baik diminum setelah bangun tidur, seperti dilansir dari laman Virgin Pure.

1. Air

Air putih menduduki posisi pertama dan tak bisa mengalahkan jenis minuman lain sebagai minuman yang baik dikonsumsi pada pagi hari. Minum segelas air putih di pagi hari bisa memuaskan dahaga dan mengatasi dehidrasi. Ini benar-benar salah satu minuman pagi terbaik yang bisa dimiliki. 

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air jadi ketika kita kehilangan beberapa, itu adalah akal sehat bahwa kita harus menggantinya. Itu hanya apa yang dibutuhkan tubuh kita. Jika bangun dengan perasaan pusing, mulut  kering dan semburat sakit kepala, ini semua adalah tanda-tanda dehidrasi sehingga kamu mungkin tidak memerlukan obat atau ramuan ajaib lainnya selain air putih.

Banyak dari kita, sebelum tidur selalu menaruh segelas air di samping tempat tidur. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan kita tidak kehausan terlalu lama tanpa harus pergi keluar dari tempat tidur. Ini adalah kebiasaan yang bagus untuk membantu kita tetap terhidrasi, terutama sepanjang malam jika kita bangun, perlu buang air kecil atau buang air besar.

Cara terbaik adalah menyimpan air putih ke dalam botol kaca tertutup atau stainless steel yang akan membantu menjaganya tetap dingin.

2. Air lemon

Jika ingin menambahkan sedikit rasa ke air putih di pagi hari, kamu bisa peras beberapa potong lemon ke dalamnya dan biarkan mengapung. Ini akan memberikan dosis vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh yang sehat. Jika ingin minuman panas yang menenangkan, cukup gunakan air panas dan masukkan potongan lemon. Jika ini sedikit terlalu pahit, cobalah tambahkan madu untuk mempermanis air lemon.

3. Cuka apel

Ini mungkin terdengar aneh untuk minuman pagi yang sehat, tetapi itu bisa juga dicoba. Menambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dapat membantu tingkatkan metabolisme dan menurunkan gula darah. Bahkan mungkin membantu membunuh patogen yang memicu penyakit. Cobalah membumbuinya dengan sedikit kayu manis, sejumput cabai rawit, perasan jus lemon, dan setetes madu.

4. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman pagi yang sehat, untuk memulai hari dengan cara yang benar. Air kelapa dikemas dengan banyak nutrisi penting, mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, natrium dan fosfor, serta antioksidan melawan radikal bebas. Hati-hati dengan kadar gulanya tinggi jika kamu tidak membakarnya dengan olahraga apa pun.

5. Teh hijau

Secangkir teh hijau di pagi hari dapat memberikan dorongan kesehatan. Kamu bisa mengonsumsi minuman pagi yang menyehatkan ini pada waktu sarapan.

Teh hijau sangat bagus untuk antioksidan dan memiliki lebih sedikit kafein daripada teh hitam. Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Teh hijau dipercaya membantu mengatasi stres fisik dan mental.

6. Jus buah

Banyak dari kita beralih ke jus buah segar di pagi hari. Dalam satu hari mengonsumsi jus buah berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Penelitian menunjukkan jus tomat yang diperkaya dengan alanin (asam amino) mungkin membantu meringankan efek buruk alkohol. Mungkin lebih mudah untuk tetap menggunakan jus jeruk yang akan memberikan dorongan vitamin C, serta mengganti beberapa magnesium alkohol.

7. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya memiliki kekuatan anti-inflamasi dan telah terbukti membantu meringankan gejala IBS. Minuman jus lidah buaya dapat meningkatkan kapasitas untuk membakar lemak dan mencegah penumpukan racun.

8. Jahe

Tambahkan beberapa sendok makan jahe parut ke dalam air panas, solusi ini telah terbukti bekerja dengan sangat baik untuk sistem pencernaan kita.

Itu dapat membantu untuk mengobati mual, muntah dan diare. Ini juga digunakan oleh beberapa orang untuk membantu meredakan radang sendi, rematik, dan cedera otot.

9. Kopi

Siapa yang menolak kafein di pagi hari? Banyak orang memilih mengonsumsi kopi sebelum memulai aktivitasnya. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi kopi yang bukan dari bubuk instan. Kafein dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. 

Beberapa orang mungkin menemukan bahwa kafein adalah diuretik sehingga dapat mengalami dehidrasi, bagi sebagian orang itu membuat gelisah. Tetapi bagi kebanyakan orang, memgonsumsi kopi membuat kita bersemangat sebelum memulai aktivitas.

Rekomendasi