8 Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara di Rumah, Selain Ikan Channa

| 26 Aug 2022 17:03
8 Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara di Rumah, Selain Ikan Channa
Ikan Hias Predator. (Youtube.com)

ERA.id - Untuk sebagian orang, memelihara ikan hias predator memberikan kepuasan dan sensasi tersendiri. Hal ini dikarenakan jenis ikan yang dipelihara memberikan nuansa dan warna yang berbeda dalam akuarium.

Selain hal tersebut, orang yang memelihara ikan predator umumnya bukanlah orang biasa. Sebab untuk memiliki ikan jenis predator ini, biasanya Anda harus membelinya dari luar negeri dan tentu saja harganya lumayan mahal.

Salah satu ikan predator yang paling banyak dicari oleh penggemar ikan hias adalah ikan Channa.  Ikan yang juga disebut sebagai snakehead emperor  atau kaisar kepala ular paling banyak diminati karena lebih mudah untuk dipelihara. Selain itu, harganya juga terjangkau, serta mempunyai corak dan warna tubuh yang estetik.

Dibanding dengan ikan hias jenis lainnya, jenis ikan hias predator memang lebih memberikan sensasi yang seru. Sebab, untuk makan ikan jenis ini hanya bisa dengan cara memberikan ikan yang lebih kecil sebagai santapannya. Proses ikan predator memakan ikan lainnya inilah yang menjadi tontonan seru bagi pemiliknya.

Selain ikan Channa, ada juga ikan predator jenis lain yang bisa Anda pelihara. Berikut daftar-daftarnya:

Jewel Cichlid

Jewel Cichlid. (Pinterest.com)

Seperti jenis Oscar, Jewel Cichlid juga cenderung agresif. Jenis yang paling bagus dan direkomendasikan adalah jenis Red Jewel yang lebih indah dipandang karena memiliki motif totol-totol merah. Makanan dari ikan jenis ini adalah pelet dan cacing beku. Kisaran harganya mulai dari Rp5.000 untuk anakan dan Rp200.000-an untuk dewasa.

Pari Air Tawar

Pari Air Tawar. (Youtube.com)

Ikan pari air tawar harus dipelihara dalam akuarium dengan perawatan ekstra. Namun, kolektor akan menerima kepuasan saat ikan ini menari-nari bebas dalam akuarium. Dengan bentuk yang indah, jenisnya juga bermacam-macam. Untuk jenisnya, ada pari hitam, hingga cokelat. Anda bisa mendapatkan ikan ini mulai harga Rp2 juta-an hingga Rp15 juta.

Belida

Sebenarnya ikan Belida merupakan bahan baku pempek. Namun, ikan ini juga cukup seru untuk dipelihara dalam akuarium. Harganya sendiri mulai Rp55 ribu hingga Rp250 ribu-an. Tak perlu khawatir, perawatan Belida juga biasanya tidak terlalu sulit.

Red Bellied Piranha

Red bellied piranha tergolong ikan predator yang menjadi pilihan favorit penggemar ikan hias. Kulitnya berwarna perak dengan kilauan merah. Untuk lebih idealnya, Sebaiknya Anda memelihara dalam kelompok 10 ekor. Anda akan menyaksikan ikan jenis ini memakan mangsanya dengan ganas. Untuk harganya, bisa Anda dapatkan Rp5.000-Rp50.000 per ekor.

Oscar

Oscar mempunyai nama latin Astronotus ocellatus. Jenis ikan ini masuk ke dalam famili cichlid atau siklid. Bisa dikatakan ikan ini cukup gesit, galak, dan sangat temperamental dan agresif. Anda harus berhati-hati untuk memelihara ikan ini dengan ikan lain. Untuk makanannya sendiri, Anda bisa memberikan cacing, ulat, udang, hingga ikan kecil. Kisaran Harga Oscar Red anakan yaitu Rp35.000-45.000 dan dewasa sekitar Rp100.000-Rp150.000.

Arwana

Pari Air Tawar. (Youtube.com)

Ikan Arwana sudah sekian puluh tahun menjadi ikan hias predator favorit. Warna dan bentuknya juga memberikan kepuasan tersendiri. Untuk jenisnya sendiri cukup beragam, di antaranya super red, red tail golden, dan lain sebagainya. Nilai dari ikan ini juga paling tinggi, yaitu mencapai puluhan juta. Namun, Anda bisa mendapatkan Arwana anakan mulai dari harga Rp200 ribu-an.

Palmas

Jenis ikan Palmas merupakan ikan predator dengan bentuk seperti ular naga. Warnanya juga bermacam-macam; cokelat, merah, sampai merah muda. Palmas adalah ikan bawah yang cukup kalem, sehingga tidak rewel dan tidak agresif. Anda bisa membawa pulang ikan ini dengan harga Rp25.000 hingga Rp500.000an.

Demikianlah jenis-jenis ikan hias predator yang bisa Anda pelihara. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kondisi yang memungkinkan untuk memelihara salah satu jenisnya.

Ikuti artikel menarik lainnya di Era.id, klik link berikut untuk info selanjutnya.

Rekomendasi