Mengenal 8 Jenis Ikan Channa yang Kini Sedang Tren

| 19 Sep 2022 22:04
Mengenal 8 Jenis Ikan Channa yang Kini Sedang Tren
Aurantimaculata channa (Twitter)

ERA.id - Terdapat beberapa jenis ikan channa yang kini sedang digandrungi masyarakat. Meskipun memiliki harga yang tidak murah, namun hal tersebut bukanlah masalah bagi pecinta ikan yang juga dijuluki “snakehead” tersebut.

Ikan snakeheads adalah anggota dari keluarga Channidae yang merupakan sekelompok ikan perciform. Meskipun demikian, berdasarkan studi terbaru, ikan ini dianggap yang paling dekat hubungannya dengan ikan labirin (anabantoids) dan belut synbranchiformes. Lantas jenis atau spesies mana yang kini paling digemari?

Jenis-Jenis Ikan Channa yang Populer

  1. Channa Ular Kobra Emas (aurantimaculata)

Jenis ini juga dikenal sebagai snakehead berbintik oranye atau kobra emas, yang dapat mencapai sekitar 40cm/16”. Jenis ini adalah ikan yang relatif agresif yang paling baik dipelihara sendiri dan paling baik dipelihara pada suhu yang lebih dingin sekitar 20-26°C/68-79°F dengan air ideal pH 6,0–7,0 dan GH 10.

  1. Snakehead Merah (Channa micropeltes)

Ikan ini juga dikenal sebagai Snakehead Raksasa karena mampu besar hingga 1m/39” atau lebih. Bahkan di penangkaran ikan ini adalah spesies snakehead terbesar. Oleh karena itu, tangki yang sangat besar diperlukan untuk menampung snakehead raksasa yang telah dewasa.

Channa merah juga termasuk ikan hias yang paling agresif dan akan menyerang banyak ikan di tangki (termasuk spesies sejenis). Mereka juga memiliki gigi terbesar dari semua jenis ikan kepala ular dan dapat menyerang pada manusia.

  1. Snakehead kerdil (Channa gachua)

    Channa lucius (Aquainfo.org)

Salah satu ikan snakeheads yang paling umum adalah Channa Dwarf yang paling banyak dijumpai di Asia Tenggara. Namun, snakehead kerdil, terutama yang berasal dari India utara harus dipelihara di air yang lebih dingin dengan suhu 18–25°C/64-77°F.

Ikan jenis ini juga memiliki lebih banyak parameter air yaitu dengan pH 6,0–7,5, GH 6 hingga 8 agar menjadi ideal. Ukuran jenis ini hanya mencapai 20cm/7,8”. Channa Dwarf relatif jinak dan dapat dipelihara di tangki bersama ikan lain dengan ukuran yang sama.

  1. Snakehead Kaisar (Channa marulioides)

Channa Kaisar mampu mencapai 65cm/26” sehingga menjadikannya hanya cocok untuk tangki besar. Ikan jenis ini paling baik disimpan di air pada 24-28°C/75-82°F, pH 6,0-7,0 dan GH hingga 10.

  1. Snakehead pelangi (Channa bleheri)

Channa jenis ini adalah anggota dari snakehead dwarf, namun channa rainbow adalah salah satu yang paling berwarna dari semua snakehead.

Channa rainbow dapat mencapai sekitar 20cm/7,8”, sehingga sama cocoknya untuk tangki seperti jenis Dwarf . Channa Rainbow juga paling baik disimpan pada suhu yang lebih dingin.

  1. Channa Lucius

    Channa lucius (Aquainfo.org)

Channa jenis ini  dapat mencapai 40cm/15.7”, dan salah satu spesies yang lebih besar dengan perawatan yang harus disesuaikan. Channa ini merupakan spesies yang cukup agresif ini hanya boleh dipelihara dalam tangki yang besar dan kuat. Idealnya jenis ini dipelihara pada suhu air 24-28°C/75-82°F, pH 5,0–6,5 dan GH hingga 8.

  1. Snakehead Chevron (Channa striata)

Jenis Chevron adalah salah satu ikan air tawar yang paling kuat, sehingga parameter air tidak penting. Channa jenis ini adalah spesies besar yang bisa mencapai 90cm/35” dan tidak cocok untuk aquarist pemula.

  1. Snakehead Afrika (Parachanna obscura)

Meskipun menyerupai Splendid, namun dalam bentuk dan warna Channa Afrika dapat dibedakan dari lubang hidungnya yang panjang dan menonjol. Jenis ini dapat dipelihara mencapai 45cm/18", dengan parameter air yang serupa dengan Splendid, meskipun jenis ini dilaporkan merupakan spesies yang lebih jinak.

Selain jenis ikan channa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi