Bikin Awet dan Tahan Lama, Ini 6 Cara Merawat Celana Jeans

| 11 Sep 2022 19:02
Bikin Awet dan Tahan Lama, Ini 6 Cara Merawat Celana Jeans
Ilustrasi celana jeans (Unsplash)

ERA.id - Jeans atau denim adalah jenis celana pria dan wanita yang banyak menjadi andalan. Perlu diketahui, terdapat beberapa cara merawat celana jeans agar awet dan bertahan cukup lama.

Melalui artikel ini akan dibahas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan khususnya dalam merawat celana jeans. Berikut beberapa poinnya dilansir dari produsen jeans kenamaan dunia, Levi’s.

Cara Merawat Celana Jeans

  1. Hindari Mencuci Jeans

Memang Anda tidak bisa terus-menerus tidak mencuci celana jeans Anda karena akan sangat menjijikkan. Tetapi tidak mencuri adalah cara memperpanjang umur jeans Anda lantaran dapat melindungi serat kapas dan ukuran jeans.

Hindari mencuci celana jeans (Unsplash)

Para ahli di Levi's merekomendasikan untuk mencuci jeans Anda tidak lebih dari sepuluh kali. Untuk membersihkan jeans gunakan kain lembab atau sikat gigi tua yang lembut. Kemudian campuran deterjen alami yang lembut dan sedikit cuka.

Cuka akan membantu menetralkan bau apapun, sedangkan deterjen yang tidak berbahaya akan mengangkat kotoran dengan lembut tanpa membawa pewarna. Untuk noda berminyak yang sangat membandel, cobalah sedikit gunakan minyak kayu putih.

  1. Masukkan ke Freezer

Sebelum mencuci jeans coba lebih dahulu memasukkannya ke dalam freezer. Kedengarannya agak aneh, tetapi membekukan denim kesayangan Anda dapat membunuh beberapa kuman penghasil bau.

  1. Cuci dengan Tangan Secara Lembut

Ketika tiba saatnya mencuci celana jeans Anda lakukan dengan lembut. Atau pilih pengaturan cuci tangan pada mesin cuci Anda. Kemudian gunakan sabun atau deterjen alami (cairan terbaik) dan dan cuci dengan air dingin untuk mencegah penyusutan, bahan melengkung, dan pewarna luntur.

  1. Jemur Secara Terbalik

Meskipun Anda menginginkan nuansa 'usang' dari celana jeans favorit, namun siklus pencucian yang agresif bukanlah cara untuk mencapainya. Ada perbedaan besar antara 'usang' dan 'luntur'.

Sedikit tips: untuk menghindari celana jeans Anda memudar dengan berlebihan cobalah membalik jeans Anda saat Anda mencuci dan lalu menggantungnya agar kering dari sinar matahari langsung.

  1. Keringkan Secara Alami

Para ahli di Levi's juga sangat menyarankan untuk tidak memasukkan jeans Anda ke dalam mesin pengering. Pengering dapat merusak serat kain dan menyebabkan penyusutan, lengkungan, hingga penuaan dini pada kain.

Jemur jeans secara alami (Unsplash)

Tentu kesalahan memasukkan jeans ke dalam pengering dapat membatalkan semua kerja keras yang Anda lakukan untuk merawat jeans kesayangan.

Tips: Setelah Anda mencuci denim, goyangkan untuk menghilangkan lipatan, lalu gantung bagian dalam agar kering. Jeans Anda mungkin terasa agak kaku setelah dikeringkan dengan udara, tetapi akan melunak lagi saat pemakaian pertama.

  1. Temukan penjahit terpercaya

Jeans Anda rusak, namun tidak ingin membuangnya? Alih-alih membuangnya, saat celana mulai sedikit lusuh atau rusak, Anda dapat mereparasinya.

Anda dapat membawa celana jeans ke penjahit lokal Anda untuk menangani setiap lubang, robekan, atau kerusakan lainnya yang mungkin muncul. Jika pada bagian lutut usang atau robek, Anda dapat melakukan penyesuaian atau sekalian dirobek.

Selain cara merawat celana jeans, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi