Baru Terungkap, 5 Fakta Tersembunyi di Balik Mahkota Berharga di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II

| 14 Sep 2022 19:25
Baru Terungkap, 5 Fakta Tersembunyi di Balik Mahkota Berharga di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II
Pemakaman Ratu Elizabeth II (Instagram/@theroyalfamily)

ERA.id - Rangkaian upacara pemakaman Ratu Elizabeth II telah menjadi perhatian publik dunia. Tak terkecuali benda berharga berupa mahkota yang bertahta di atas peti mati jenazah sang ratu.

Ya, mahkota itu menyimpan cerita sejarah dan nilai yang sangat berharga. Dilansir dari People, Rabu (14/9/2022), mahkota itu merupakan salah satu kebanggan dari Skotlandia. Berikut fakta di balik mahkota di atas peti mati Ratu Elizabeth II.

1. Sejarah sejak ahun 1500-an

Menurut The Court Jewellery, Mahkota Skotlandia termasuk mahkota paling tua yang ada di Inggris. Beberapa raja Skotlandia yang pernah memakai Mahkota tersebut, di antaranya, Mary, Queen of Scots (1543), James I dan VI (1567), Charles I (1633) dan Charles II (1651).

2. Bentuknya sempat diubah

Sempat ada perubahan terhadap bentuk mahkota, di tahun 1540, berdasarkan permintaan Raja Skotlandia James V yang menginginkan agar mahkota itu dibuat ulang oleh tukang emas kerajaan, John Mosman. Hal ini diutarakan juga oleh Richard Welander dalam akun Twitter @edinburghcastle.

"Semua orang tidak sadar, di balik anggunya mahkota, ada pembuatan yang susah payah dari para pekerja," ucap Richard Welander.

Mahkota (Twitter/@lovewalesfamily)

3. Bertahtakan emas, mutiara, gernet, dan dihiasi salib

Mahkota tersebut memiliki empat lengkungan emas yang melengkung ke atas sebuah bola. Mahkota itu terdapat tanda salib di bagian atas, dan dihiasi dengan banyak emas, mutiara, garnet.

"Biasanya setiap tahun, tiap bulan Febuari mahkota dibersihkan, tapi semakin ke sini semakin sering," tutup Richard.

Selain mahkota, kebanggaan dari Skotlandia juga termasuk tongkat kerajaan dan pedang, yang mana keduanya merupakan hadiah dari Paus pada abad ke-15 dan ke-16.

4. Permata mahkota yang pernah hilang

Menurut The National of Scotland, mahkota tersebut dikenal sebagai permata mahkota Skotlandia. Benda itu sempat dikabarkan menghilang pada1707, bersamaan dengan keluarnya Undang-Undang Persatuan.

Undang-Undang tersebut menyatukan antara Skotlandia dengan Inggris. Benda tersebut akhirnya diperlihatkan kembali pada 1818 di Istana Edinburgh. Sejak kejadian itu, mereka memajangnya di dalam istana, di ruang khusus mahkota. Hanya dibawa pergi ketika ada acara khusus.

5. Diletakkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II

Mahkota Skotlandia diletakan di atas peti mati raja atau ratu di mana mereka dimakamkan, di St. Giles di Edinburgh, Skotlandia. Peti mati dibungkus dengan Royal Standard of Scotland, juga dihiasi dengan karangan bunga. Penjaga Istana, Holyroodhouse Alexander Douglas-Hamilton telah menaruh mahkota di peti mati sang ratu.

Rekomendasi