Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut 7 Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia

| 16 Sep 2022 23:25
Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut 7 Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia
Finalis Puteri Indonesia 2022, Dini Nurfitri Widjaya (Instagram @diniwdjaya)

ERA.id - Selama ini ada banyak ajang kecantikan yang diselenggarakan di Indonesia. Ajang yang paling populer adalah Miss Indonesia dan Putri Indonesia.

Namun, masih banyak orang-orang yang belum memahami perbedaan dari kedua ajang tersebut. Ya, ternyata ajang Putri Indonesia dan Miss Indonesia merupakan dua ajang yang berbeda meskipun memiliki warna dan visi yang serupa.

Puteri Indonesia Lingkungan 2019 Jolene Marie Cholock Rotinsulu mengenakan mahkota pada kepala Puteri Indonesia Lingkungan 2020. (VOI.id)

Apa saja perbedaannya? Simak perbedaan Puteri Indonesia dan Miss Indonesia melalui sederet fakta-fakta berikut ini.

Logo Ajang Kontes

Walaupun keduanya sama-sama menjadi ajang kontes kecantikan nasional yang pemenangnya akan maju pada ajang kompetisi internasional, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan mencolok, perbedaan pertama dapat kita lihat dari logonya.

Tahun diselenggarakan

Ajang pemilihan Puteri Indonesia sudah lebih dulu diselenggarakan, tepatnya dimulai dari tahun 1992. Sementara ajang Miss Indonesia baru diawali pada tahun 2005.

Mahkota

Perbedaan selanjutnya ada pada mahkotanya, mahkota akan diserahkan pada pemenang dari kedua ajang tersebut, pada tahun 2016 ajang puteri indonesia baru saja melakukan design ulang pada mahkotanya dengan ukiran berbentuk candi borobudur.

Hak Siar

Pemilihan Puteri Indonesia hak siarnya dipegang oleh Indosiar. Sedangkan Miss Indonesia hak siarnya dipegang MNC Group, khususnya RCTI.

Sponsor Utama

Perbedaan selanjutnya yaitu sponsor utamanya, keduanya disponsori oleh brand produk kecantikan lokal. Miss Indonesia disponsori oleh Sariayu Martha Tilaar dan Puteri Indonesia disponsori oleh Mustika Ratu.

Motto dan Parameter Penilaian

Pemilihan Puteri Indonesia menerapkan parameter penilaian "3B," antara lain Brain (Kecerdasan), Beauty (Penampilan menarik), dan Behavior (Berperilaku baik). Sedangkan kriteria untuk Miss Indonesia mempergunakan istilah berbeda meski maknanya sama. Antara lain Manner, Impressive, Smart, Social atau disingkat MISS. Ini bisa dimaknai sebagai berperilaku baik, berkesan, cerdas dan berjiwa sosial tinggi.

Ajang Internasional yang akan diikuti

Pemenang pemilihan Puteri Indonesia otomatis selanjutnya akan menjadi wakil Indonesia di ajang pemilihan Miss Universe. Sementara pemenang Miss Indonesia mewakili Indonesia pada kontes Miss World.

Tugas

Karir pemenang setiap ajang kecantikan ke depannya ternyata berbeda antara satu dengan yang lain. Miss Indonesia akan bertugas sebagai ikon dalam seluruh acara kegiatan sosial MNC Group dan UNICEF.

Sedangkan Puteri Indonesia akan kembali menjalani kontes Miss Universe yang akan mewakili Indonesia dan menjadi duta di beberapa bidang.

Baik Miss Indonesia maupun Puteri Indonesia, keduanya sama-sama memiliki tugas untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia.

Demikianlah perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia yang paling mendasar dan bisa kita lihat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi