Mengenal Predator Channa Asiatica: Ikan Gabus Mutiara yang Berasal dari Negeri Bambu

| 19 Sep 2022 20:04
Mengenal Predator Channa Asiatica: Ikan Gabus Mutiara yang Berasal dari Negeri Bambu
Channa Aurantimaculata. (Pinterest.com)

ERA.id - Ikan jenis Channa asiatica atau yang umum disebut dengan ikan gabus mutiara dari China merupakan salah satu jenis ikan predator yang banyak diminati oleh orang-orang di Indonesia.

Jenis ikan gabus asal China ini dikelompokkan menjadi 2, yaitu channa asiatica white spot dan channa asiatica red spot.

Channa Barca (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)

Adapun nama lain dari Channa asiatica yaitu small snakehead, ikan gabus yang berasal dari perairan China.

Selain di negara China, ikan gabus dengan tubuh mungil ini juga tersebar di beberapa negara, seperti Taiwan, Jepang, dan juga di perairan Eropa seperti Afrika dan Amerika Serikat.

Meskipun hidup di daerah sub tropis, channa asiatica bisa beradaptasi dengan cepat di daerah yang memiliki iklim tropis.

Bagaimana ciri-ciri fisik Channa Asiatica?

Berbicara mengenai bentuk fisik, ikan channa asiatica mempunyai bentuk kurang lebih sama dengan channa yang lainya. Hal yang menjadi pembeda hanyalah corak khusus yang ada pada bagian sisi tubuhnya.

Untuk warna dasar channa asiatica sendiri adalah hitam kecoklatan. Hal lain yang membuat ikan ini sangat disukai karena ada warna tambahan corak bintik-bintik seperti mutiara. Oleh sebab itu, ikan channa asiatica asal cina ini dapat dikenali dengan mudah.

Sedangkan, untuk ukuran tubuh, channa asiatica mampu bertumbuh dengan rata-rata ukuran 30 cm.

Makanan Channa Asiatica

Pada dasarnya channa asiatica dikelompokkan sebagai ikan predator, atau ikan yang memangsa ikan lain, krustasea, dan mamalia kecil. Namun, jika terlatih di akuarium, ikan ini dapat menerima beragam jenis makanan lainnya.

Pada umumnya, untuk memunculkan warna atau corak di tubuh channa asiatica, para penggemar ikan gabus ini memberi pakan pelet dan udang.

Hal yang harus selalu diingat, tentu saja jangan terlalu sering memberinya makanan. Selain menjadikan air akuarium cepat keruh, pemberian pakan yang terlalu sering dan banyak dapat menjadikan ikan channa asiatica mengalami kegemukan dan malas bergerak.

Apa saja perbedaan channa asiatica rs dan ws?

Channa asiatica dibagi menjadi 2 tipe atau varian, antara lain white spot dan red spot. Nama atau varian tersebut disepakati oleh kalangan penggemar ikan channa agar dapat dibedakan dengan mudah.

Channa asiatica white spot lebih menonjolkan warna bintik-bintik berwarna putih seperti mutiara, sementara channa asiatica red spot menunjukkan bintik-bintik dan strip berwarna merah.

Apa yang membedakan channa asiatica jantan dan betina?

Channa Asiatica Jantan

Untuk melihat perbedaan channa asiatica jenis jantan sebenarnya cukup mudah. Pada umumnya, channa asiatica jantan mempunyai sirip dubur dan sirip punggung yang panjang dan terdapat corak bintik-bintik berwarna keperakan.

Channa asiatica jantan lebih cenderung mempunyai kepala yang lebih oval, dengan bagian rahang yang lebih besar, sedangkan bentuk tubuhnya pun lebih panjang dan terkesan garang. Jika ditinjau dari segi kelaminnya, channa asiatica jantan memiliki 2 lubang pada bagian anusnya.

Channa Asiatica Betina

Berbeda dengan channa asiatika jenis betina, ukuran bintik-bintik terlihat lebih besar dari siripnya. Dan jika disaksikan secara detail, channa asiatica mempunyai perut yang lebih buncit dan bentuk tubuh yang sedikit tambun daripada jenis jantan.

Nah, untuk ciri-ciri kelamin jenis betina, ikan ini hanya mempunyai 1 lubang pada bagian anusnya. Hal ini terlihat jika ikan ini diangkat dan anusnya sedikit ditekan.

Berapa kisaran harga channa asiatica?

Harga channa asiatica white spot dengan ukuran baby pada umumnya dijual dengan harga Rp20.000 - Rp50.000. Sementara, untuk ukuran dewasa channa asiatica white spot diberi harga sekitar Rp100.000 - 300.000.

Untuk channa asiatica red spot yang berukuran baby dibanderol sekitar Rp50.000 - Rp100.00. Adapun untuk ikan yang berukuran dewasa, dihargai dengan nilai 200.00 hingga 300.000.

Nah, demikianlah penjelasan tentang ikan channa asiatica, lengkap dengan makanan, ciri-ciri fisik, dan perbedaan antara jenis satu dengan jenis lainnya. Semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat!

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi