Apa Saja Fungsi dan Tugas Personalia dalam Perusahaan?

| 26 Sep 2022 22:02
Apa Saja Fungsi dan Tugas Personalia dalam Perusahaan?
Lustrasi karyawan (Unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa fungsi dan tugas personalia yang harus dimiliki dalam suatu perusahaan. Bagi Anda yang tertarik menekuni profesi tersebut, artikel berikut ini akan membantu memahami apa saja job desk personalia.

Personalia bertugas merangsang pegawai agar lebih maksial (Unsplash)

Definisi manajemen personalia adalah divisi yang bertugas memperoleh, menggunakan, dan memelihara tenaga kerja dalam perusahaan. Tugas tersebut khusus mengawasi karyawan di dunia kerja dan hubungan mereka dalam organisasi.

Manajemen personalia juga melakukan pemeliharaan pada karyawan dengan tujuan agar dapat berkontribusi pada tujuan perusahaan, individu, dan masyarakat. Personalia juga berkaitan dengan sumber daya manusia organisasi atau perusahaan.

Fungsi dan Tugas Personalia

Sebelum memahami tugas personalia, terdapat beberapa sifat manajemen personalia. Dilansir dari laman Management Study Guide, berikut tujuh sifatnya:

  1. Manajemen personalia mencakup fungsi ketenagakerjaan, pengembangan dan kompensasi. Fungsi-fungsi ini dilakukan terutama oleh manajemen personalia dengan berkonsultasi dengan departemen lain.
  2. Manajemen personalia merupakan perluasan dari manajemen umum. Hal ini berkaitan dengan mempromosikan dan merangsang tenaga kerja yang kompeten untuk memberikan kontribusi penuh mereka terhadap masalah tersebut.
  3. Manajemen personalia hadir untuk memberi nasihat dan membantu manajer dalam masalah personalia. Oleh karena itu, departemen personalia adalah departemen staf dari suatu organisasi.
  4. Manajemen personalia lebih menekankan pada tindakan daripada membuat jadwal, rencana, metode kerja yang panjang. Masalah dan keluhan orang di tempat kerja dapat diselesaikan secara lebih efektif melalui kebijakan personel yang rasional.
  5. Hal ini didasarkan pada orientasi manusia. Ini mencoba untuk membantu para pekerja untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.
  6. Personalia juga diharapkan memotivasi karyawan melalui rencana insentif yang efektif sehingga karyawan memberikan kerjasama penuh.
  7. Manajemen personalia berhubungan dengan sumber daya manusia baik individu maupun para pekerja.

Peran Personalia dalam Perusahaan

Terdapat empat fungsi utama manajer personalia adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan Tenaga Kerja

Perencanaan tenaga kerja juga disebut perencanaan sumber daya manusia untuk memastikan jumlah orang yang dibutuhkan untuk jenis pekerjaan yang tepat. Perencanaan sumber daya manusia harus menjadi pendekatan yang sistematis agar efektif.

Terdapat beberapa prosedur yang ditetapkan diantaranya studi tentang inventaris tenaga kerja saat ini, prediksi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk masa depan, mengembangkan program tenaga kerja, dan merancang program pelatihan.

  1. Rekrutmen

Rekrutmen adalah pendekatan untuk mencari karyawan yang tepat dan berkualitas untuk melamar kerja di perusahaan. Rekrutmen terdiri dari dua jenis yaitu rekrutmen Internal dan rekrutmen Eksternal.

  1. Proses Seleksi

Seberapa baik kinerja karyawan dan keberhasilan organisasi tergantung pada seberapa efektif proses seleksi. Proses seleksi adalah proses mencari karyawan yang paling cocok dan memenuhi syarat untuk lowongan pekerjaan di perusahaan.

Sebuah perusahaan atau organisasi akan menghemat banyak uang dan waktu dalam pelatihan ketika mempekerjakan kandidat yang tepat untuk pekerjaan yang tepat.

  1. Pelatihan dan pengembangan

Pelatihan dan pengembangan adalah proses yang berkelanjutan dan tidak pernah berakhir dalam organisasi.

personalia bertanggungjawab dalam rekrutmen (Unsplash)

Seorang karyawan baru mendapatkan pelatihan menyeluruh tentang keterampilan dan pengetahuan yang secara khusus diperlukan untuk pekerjaan yang telah ditawarkan kepadanya.

Selain itu, perusahaan juga akan melatih karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan guna melakukan pekerjaan tertentu. Pelatihan meningkatkan produktivitas dan efektivitas karyawan. Proses ini melibatkan banyak perencanaan, uang dan waktu.

Selain fungsi dan tugas personalia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi