Produk Anda Butuh Endorse? Berikut 7 Langkah Meminta Endorse Selebgram

| 26 Sep 2022 23:35
Produk Anda Butuh Endorse? Berikut 7 Langkah Meminta Endorse Selebgram
Celebrity Dara Arafah. (Photo: Instagram @dararafah)

ERA.id - Untuk memasarkan sebuah bisnis, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Upaya untuk memasarkan produk tersebut merupakan cara untuk menjangkau audiens sebanyak-banyaknya. Agar profit yang didapatkan dapat diperbesar peluangnya.

Endorsement merupakan sebuah strategi menawarkan produk kepada seorang thought leader yang berhubungan dengan bisnis Anda. Contohnya, saat ini Anda tengah merintis usaha kuliner dan platform yang digunakan untuk pemasaran adalah instagram. Agar strategi pemasaran Anda semakin kuat, Anda dapat memanfaatkan jasa seorang influencer dengan memintanya untuk memberikan endorsement produk kuliner Anda.

Ilustrasi sosok Vivi atau Vie Tan, selebgram yang sering dikira istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (Instagram/@pincess_vie_tan)

Namun, Anda tidak boleh memilih influencer secara sembarangan. Pilihlah influencer yang biasa mengunggah konten tentang makanan ataupun minuman. Selanjutnya, produk Anda akan dipasarkan influencer tsb sesuai dengan brief yang sudah Anda berikan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan sasaran target audiens yang ada pada akun influencer tersebut untuk mengunjungi halaman Instagram bisnis Anda.

Lantas bagaimana langkah-langkah meminta endorsement dari seorang influencer? Simak penjelasannya berikut.

1. Tentukan selebgram yang cocok dengan target pasar bisnis Anda

Seorang selebgram yang memiliki followers 1 juta belum tentu cocok untuk dijadikan sebagai KOL (Key Opinion Leader) strategi endorsement bisnis Anda. Sebab, saat akan menggunakan jasa endorsement dari seorang selebgram, Anda harus memastikan niche konten yang mereka miliki berbanding lurus dengan produk yang akan Anda minta pasarkan. Karena followers yang dimiliki selebgram tersebut tentu adalah orang-orang yang tertarik dengan konten yang dibagikan oleh selebgram tersebut. Tentunya hal tersebut berhubungan dengan target pasar yang Anda miliki pada bisnis Anda.

2. Tidak sembarangan memilih selebgram

Untuk menentukan selebgram yang ingin dipilih, Anda tidak boleh terburu-buru dan harus dengan saksama. Jumlah followers banyak yang dimiliki oleh seseorang yang mengaku sebagai influencer bukanlah jaminan. Pastikan terlebih dahulu keaslian followers yang dimiliki dengan menentukan analisis dasar antara jumlah followers yang dimiliki dengan jumlah likers pada postingan di akun selebgram tersebut. Selain itu, kualitas konten yang dibagikan juga harus dinilai agar tidak sia-sia nantinya.

3. Hubungi selebgram yang akan Anda gunakan jasanya

Jika Anda sudah memilih selebgram yang akan memberi endorse produk Anda, selanjutnya yaitu menghubungi selebgram tersebut. Manfaatkan akun bisnis Anda agar lebih terlihat profesional. Setelah itu, jika Anda sudah menerima kontaknya, lakukan tindak lanjut endorsement. Namun, jika pesan Anda tidak menerima balasan, Anda dapat mencari kontak lainnya yang bisa dihubungi di bio akun media sosialnya, sebab kontak bisnis biasanya dicantumkan selebgram di situ. 

4. Harus tanyakan rate card dan engagement rate dari akun selebgram

Engagement adalah jumlah tinggi tidaknya pengaruh selebgram terhadap pengikutnya. Ini juga menjadi faktor penting dalam memahami kualitas selebgram sebab, tak sedikit orang yang membeli pengikut untuk media sosialnya agar terlihat banyak. Ini juga bisa dijadikan tolok ukur apakah jumlah pengikut yang banyak seimbang dengan banyak komentar atau likenya.

Setelah dirasa cocok, segera tanyakan rate card yang ditawarkan. Hal ini sangat perlu ditanyakan sebab akan berpengaruh dengan budget yang Anda sediakan untuk promosi. Namun, Anda tak perlu memaksakan diri jika budget Anda tidak sesuai dengan rate card-nya. Jika memang tidak sesuai, tak perlu menghilang tiba-tiba, lebih baik Anda mengucapkan terima kasih dan ungkapkan keinginan untuk bekerjasama di lain waktu.

5. Melakukan perbandingan dengan selebgram lainnya

Setelah Anda memahami engagement rate dan rate card, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu membandingkannya dengan selebgram lain. Bandingkan kedua indikator tersebut, yaitu engagement rate dan rate card. Carilah selebgram yang benar-benar sesuai tidak hanya dari segi budget, tetapi juga sesuai dengan karakter yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dua atau tiga selebgram untuk dibandingkan.

6. Jalin kesepakatan

Apabila semua langkah sudah benar-benar sesuai, lakukanlah kesepakatan dengan selebgram yang Anda minta endorse. Buat kontrak perjanjian dan segera atur jadwal yang sesuai dengan kesepakatan yang sudah disusun. Jika perlu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tuliskan dalam kertas dengan tanda tangan kedua belah pihak.

7. Siapkan brief produk

Saat Anda sudah memperoleh selebgram yang Anda inginkan, maka cara endorse selebgram terakhir yang harus dilakukan yaitu membuat brief produk. Hal ini dibutuhkan agar selebgram memahami produk yang akan diendorse secara detail. Brief ini pada umumnya berisi tentang pemahaman produk yang harus disampaikan oleh selebgram agar konten promosi yang diunggah menjadi lebih maksimal.

Demikianlah beberapa cara untuk meminta endorsement kepada influencer atau selebgram. Dengan memahami langkah-langkah di atas, tentunya Anda akan lebih terlihat profesional sebagai pebisnis. Selamat mencoba!

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi