Cotton Combed 30s, 24s, 20s, Bahan Mana yang Paling Bagus Buat Kaos?

| 01 Oct 2022 22:05
Cotton Combed 30s, 24s, 20s, Bahan Mana yang Paling Bagus Buat Kaos?
Ilustrasi kaos cotton combed (Unsplash)

ERA.id - Saat membeli kaos, apakan Anda salah satu orang yang dihadapkan dengan pilihan cotton combed 30s, 24s, 20s? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Anda.

Memang ada banyak pilihan bahan kaos, pertanyaannya bahan apa yang terbaik untuk membuat outfit kaos? Semuanya tergantung pada kebutuhan Anda. Bahan cotton atau katun sendiri adalah yang paling umum digunakan.

Bahan yang paling umum digunakan dalam pencetakan kaos adalah katun. Katun combed terbuat dari 100% serat kapas murni. Katun memiliki karakteristik benang lebih baik dibandingkan bahan lain, menyerap keringat, dan tidak gatal.

Beda Ketebalan Cotton Combed 30s, 24s, 20s

Kapas combed dibagi lagi berdasarkan ketebalannya, yaitu antara 20s, 24s, atau 30s. Semakin besar angkanya maka akan semakin tipis kainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mencetak kaos dengan bahan yang nyaman dan sejuk, bahan katun combed bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kaos 20s,24s, dan 30s dibedakan ketebalan kainnya (Unsplash)

Kain katun combed sendiri memiliki ciri tekstur yang disisir halus, sejuk, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia.

Selain itu, serat benang combed memiliki kain yang lebih halus dan rata sehingga tampilannya akan menjadi lebih halus, rata dan rapi. Ada beberapa jenis kain combed di pasaran yang dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan dan pengaturan gramasinya (gr/m2).

Combed 20s, 24s, 30s memiliki perbedaan yang utama yaitu berdasarkan penyisiran mesin yang menghasilkan ketebalan kain. Kain 20-an memiliki ketebalan paling tebal, sedangkan kain 30-an memiliki ketebalan paling tipis.

Diketahui, kain combed 20s merupakan kain yang paling banyak digunakan dan menjadi baju favorit distro, lantaran kain tersebut nyaman dan harga juga tidak mahal.

Selain itu, jenis kain ini memiliki harga terjangkau dan bersahabat dengan kantong.

Selain itu, jenis kaos combed 20s adalah yang paling tebal diantara yang lainnya. Banyak juga yang menganggap salah satu bahan terbaik untuk kaos jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Combed 20s memiliki ketebalan atau gramasi mencapai 180-220 gr/m2 sehingga memiliki kekuatannya yang melampaui jenis-jenis lainnya. Selain kuat juga tetap nyaman digunakan dan cocok untuk dijadikan kaos sablon. Hanya saja memiliki harga yang lebih mahal dibanding lainnya.

Selanjutnya, bahan combed 24s adalah kain yang tidak umum dipakai namun digunakan pada penyedia jasa konveksi di wilayah Bandung, Jawa Barat. Jenis ini memiliki gramasi atau ketebalan antara 170-210 grm/m2.

Menariknya 24s memiliki harga yang setingkat di bawah combed 20s dan 30s namun kualitasnya tidak terlampau jauh. Hanya saja jenis kain ini jarang ditemui di luar Bandung.

Terakhir adalah cotton combed 30s kain dengan gramasi sekitar 140-160gr/m2 yang kini umum ditemukan. Kain ini memiliki karakter tipis dan lebih dingin saat digunakan dibandingkan kedua jenis combed sebelumnya.

Sama dengan 20s dan 24s, bahan combed 30s ini mudah saat disablon dan juga banyak digunakan oleh produsen fashion di dunia.

Selain cotton combed 30s, 24s, 20s,  ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi