Macam-Macam Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja, Istri Salihah Tak Akan Melewatkannya

| 01 Oct 2022 23:11
Macam-Macam Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja, Istri Salihah Tak Akan Melewatkannya
Ilustrasi doa untuk suami yang sedang bekerja (unsplash)

ERA.id - Doa istri untuk suami memiliki kekuatan yang besar. Meski sedang di rumah, doa untuk suami yang sedang bekerja dari istri bisa memberikan dampak positif yang tak terkira. Tentu saja, sang suami juga harus berdoa kepada Allah Swt. serta bekerja dengan niat yang baik untuk keluarga.

Ilustrasi suami bekerja (unsplash)

Nur Zain, dalam bukunya yang berjudul Air Mata Muslimah, mengatakan bahwa pikiran positif mengantarkan seseorang pada sesuatu yang positif. Oleh sebab itu, restu seorang istri menjadi modal untuk mendatangkan keberkahan rezeki. Rasulullah saw. bersabda:

“Sesungguhnya, doa yang segera dikabulkan oleh Allah Swt. adalah doa seseorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR. Tirmidzni).

Ketika suami bekerja, istri salihah akan mendoakan sang suami dengan ikhlas dan penuh pengharapan agar Allah Swt. terus memberikan perlindungan. Istri salihah mampu memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi suaminya. Sebagai bentuk dukungan kepada suami, berikut adalah doa-doa yang bisa dipanjatkan, dikutip Era dari Idntimes.

Berbagai Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja

1.    Doa untuk suami yang bekerja di tempat jauh

Melalui doa berikut ini, ketika suami bekerja di tempat yang jauh istri berharap mendapatkan dengan penyerahan diri kepada Yang Maha Memberi dan Maha Melindungi.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bismillahi tawakaltu'alallahi walaa hawla walaaquwwata illa billahi

Artinya: "Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Mu, tiada daya dan upaya melainkan Engkau.”

2.    Doa supaya suami diberi rezeki halal

Bagi istri salihah, rezeki halal adalah sesuatu yang tak bisa ditawar. Nilai besar bukanlah segalanya jika hal tersebut tidak diridai oleh Allah Swt. Selain itu, rezeki bukan hanya soal materi atau uang.

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqan thayyibaa, wa ‘amalan mutaqabbalaa

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

3.    Doa agar terhindar dari kesulitan

Ini adalah doa yang dipanjatkan dengan harapan Allah Swt. memberikan kelancaran, baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Melalui doa berikut, diharapkan keluarga bisa menjalani hidup di dunia dan akhirat tanpa masalah.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Allahumma Innii As-alikal ‘Afwa Wal ‘Aaffiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii

Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga, dan hartaku."

“Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

4.    Doa agar mendapatkan rezeki dan kesehatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rezeki tak hanya berupa materi atau uang. Kesehatan adalah salah satu bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah Swt. Anda bisa memohon agar Anda, suami, dan anak diberi rezeki dan keselamatan dengan doa berikut.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

Itulah beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja yang bisa dipanjatkan oleh istri, baik di rumah maupun yang juga bekerja. Dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt., insyaallah hidup di dunia dan akhirat penuh kebahagiaan.

Rekomendasi