Contoh dan Tips Memilih Kado Sederhana tapi Berkesan untuk Orang Spesial

| 02 Oct 2022 10:02
Contoh dan Tips Memilih Kado Sederhana tapi Berkesan untuk Orang Spesial
Ilustrasi kado sederhana tapi berkesan (unsplash)

ERA.id - Kado untuk orang spesial tak harus berupa barang mewah dengan harga selangit. Kado sederhana tapi berkesan bisa memberikan impact yang lebih besar.

Selain lebih ramah di kantong, kado sederhana yang berkesan membuat Anda lebih mudah diingat oleh orang spesial tersebut, misal pasangan, sahabat, orang tua, atau mungkin gebetan. Untuk menentukan kado yang berkesan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dikutip Era dari ceklist.id, berikut adalah trik menentukan kado sederhana, tetapi berkesa.

Tips Memilih Kado Sederhana tapi Berkesan

1.    Produk bermanfaat

Salah satu hal terpenting saat memilih kado yang sederhana, tetapi berkesan adalah kebermanfaatannya. Berikanlah kado yang bisa memberikan manfaat bagi si penerima.

Anda bisa mengamati kebiasaan dan kebutuhan orang yang akan diberi kado. Jika orang tersebut memiliki kebiasaan berkebun, pemberian alat perkebunan bisa menjadi hal yang sangat berkesan dan bermanfaat.

Jika orang tersebut sering berganti (bereksperimen) dengan kerudung sebagai penutup aurat sekaligus fashion, berikanlah kerudung yang bagus dan nyaman. Jika kado punya nilai manfaat, pemberian Anda tidak hanya akan diam di lemari penyimpanan.

2. Produk yang sangat diinginkan

Komunikasi secara intens bisa dilakukan untuk menggali informasi mengenai sesuatu yang sangat diinginkan oleh si orang spesial. Saat Anda memberikan sesuatu yang sangat dinginkan tersebut, tentu kebahagiaan si penerima akan memuncak. Anda pun akan merasa sangat senang karena pemberian dari Anda membuatnya bahagia. Selain itu, jelas hal tersebut akan berkesan bagi dirinya.

3. Sesuaikan dengan budget

Ini dia. Anda perlu menyesuaikan kondisi keuangan Anda sebelum memilih kado untuk orang spesial. Kebahagiaan tidak selalu diukur dari uang. Sesuatu yang murah juga bisa berkesan jika hal tersebut tepat, diberikan oleh orang yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Memang, ada kalanya keinginan atau kebutuhan si orang spesial adalah barang yang cukup mahal. Jika sudah tidak ada hal lain (yang lebih murah) yang bisa Anda berikan, tundalah pemberian tersebut. Anda bisa mulai menabung agar suatu saat nanti bisa Anda berikan. Namun, hal ini tak perlu sampai membuat Anda tersiksa karena harus menyisihkan banyak uang.

Contoh Kado Sederhana tapi Berkesan

1.    Set Memasak

 Ilustrasi set memasak (unsplash)

Ibu adalah orang yang sangat dekat dengan kita, karena sebelum lahir ke dunia pun kita telah ada di dalam dirinya selama 9 bulan. Segala perjuangan dan cinta kasih yang ia berikan kepada kita sudah tak bisa lagi dihitung.

Pemberian kado berupa set memasak untuk ibu tentu bukanlah sesuatu yang berlebihan. Ini menjadi kado sederhana tapi berkesan jika ibu Anda adalah orang yang suka atau biasa memasak.

2.    Buku catatan

Jika orang spesial yang ingin Anda beri hadiah adalah orang yang memiliki banyak kegiatan, buku catatan kecil bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini akan menjadi kado yang bermanfaat bagi si penerima sebab sering digunakan untuk mencatat berbagai keperluan. Terkadang, orang lebih suka menggunakan catatan manual dibandingkan mencatatnya di ponsel.

Untuk memberikan nilai spesial pada kado tersebut, buatlah sendiri buku catatan tersebut. Buatlah buku tersebut dengan desain menarik yang cocok dengan kepribadian dari si calon penerima. Berikan pula sesuatu yang bisa membuatnya lebih mengingat Anda, misalnya ucapan kasih sayang dari Anda pada bagian sampul dalam.

3.    Gelang atau kalung

Ilustrasi kalung perak (unsplash)

Gelang atau kalung tak harus terbuat dari emas. Anda bisa memilih kalung atau gelang dari bahan lain yang sekiranya cocok dan membuat si calon penerima senang saat memakainya. Perlu dicatat, ketahui dahulu apakah orang spesial ini termasuk orang yang suka mengenakan aksesori seperti itu atau tidak.

Itulah beberapa tips dan contoh kado sederhana tapi berkesan. Kebahagiaan tak selamanya datang dari nilai uang. Anda tak perlu ragu untuk memberikan kado kepada orang spesial meski kantong belum tebal. Yang penting, tepat.

Rekomendasi