Jawab Nasib Lesti Kejora dan Rizky Billar yang Didesak Boikot, Pihak KPI: Harus Teredukasi, Melanggar Diberikan Sanksi

| 18 Oct 2022 12:41
Jawab Nasib Lesti Kejora dan Rizky Billar yang Didesak Boikot, Pihak KPI: Harus Teredukasi, Melanggar Diberikan Sanksi
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Instagram/@rizkybillarku)

ERA.id - Usai Rizky Billar, kini Lesti Kejora terancam bakal diboikot oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hal ini karena sang pedangdut mencabut laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar. 

Sayangnya, keputusan Lesti Kejora bikin netizen kecewa. Sebab, kebanyakan netizen mendukung keputusan sang pedangut melaporkan kasus KDRT. Mereka juga berharap perceraian dan Rizky Billar mendekam dijeruji besi.

Maka dari itu, netizen ramai-ramai ingin pelantun lagu "Kejora" segera diboikot oleh pihak KPI. Mengetahui desakan itu, salah satu perwakilan KPI angkat bicara. 

Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti menanggapi desakan netizen yang ingin pasangan Leslar segera diboikot. Mimah berpendapat bahwa ruang siar atau terlibat di dalamnya harus bersih.

KPI (Foto: Instagram/@rumpi_gosip)
KPI (Foto: Instagram/@rumpi_gosip) 

"Kewenangan itu kembalikan kepada lembaga penyiaran masing-masing. Sekarang kan bersangkutan dalam proses hukum ya," ujar Mimah Susanti, dikutip dari akun gosip Instagram @rumpi_gosip.

"Komisi Penyiaran Indonesia memastikan bahwa siapapun yang dihadirkan oleh program siaran. Kita memastikan ruang siar kita benar-benar clear dan bersih," lanjutnya.

Pihak KPI menginginkan sajian dan segi konten program penyiaran harus memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia. 

"Karena apa? Kita ingin lembaga penyiaran, semua isi dari konten siaran itu benar-benar berorientasi pada edukasi publik," kata Mimah Susanti.

"Jadi bukan hanya informasi bukan hanya menghibur. Tapi masyarakat publik bisa juga dapat hal-hal yang bisa mengedukasi mereka. KPI enggak punya kewenangan," lanjutnya.

Untuk mendapatkan penyiaran yang berkualitas, KPI selalu melakukan pengawasan dan pemantauan. Apabila ditemukan ada yang melanggar, maka pihak KPI secara tegas memberikan sanksi kepada program acara tersebut.

"KPI akan terus mengawasi semua konten di televisi dan radio. Kalau misalkan dalam hasil pengawasan, perjalanan atau pemantauan kita ada dugaan pelanggaran gitu ya," tutur Mimah Susanti.

"Itu akan melalui kajian lagi dan kita pastikan jika itu melanggar akan diberikan sanksi sebagaimana peraturan yang berlaku," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Selain Rizky Billar, mereka ramai-ramai meminta Lesti Kejora segera diboikot.

"Lesti boikot yang tadinya demen, aku udah gak simpatik lagi bucin amat gak mikir banget," komentar akun @afriani.****

"Bininya juga sama boikot dari semua stasiun TV," tulis akun @kedayn*****

"#BOIKOTLESLAR ALHAMDULILLAH," kata akun @radendha****

"Boikot si Lestong dan Beller," lanjut akun @angel2*****j

Rekomendasi