Beberapa Amalan Pembuka Rezeki yang Disampaikan Syekh Ali Jaber, Yuk Diamalkan!

| 28 Oct 2022 18:06
Beberapa Amalan Pembuka Rezeki yang Disampaikan Syekh Ali Jaber, Yuk Diamalkan!
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Setiap manusia tentunya mempunyai jatah rezeki masing-masing dari Allah Swt. dan semua itu sudah tepat untuk setiap makhluk karena tidak akan tertukar. Meskipun demikian, dalam Islam diajarkan beberapa amalan pembuka rezeki yang bisa dilakukan agar senantiasa lancar, melimpah, dan berkah.

Sebuah rezeki memang tidak akan datang jika kita tidak berusaha dengan menjemputnya. Itulah sebabnya, walaupun rezeki sudah digariskan oleh Allah Swt., kita tetap harus berikhtiar dengan tetap menjalani kerja keras dan memperkuatnya dengan doa agar Allah berkenan memberi keberkahan dan kelancaran pada setiap rezeki yang kita terima.

Ilustrasi amalan pembuka rezeki (Foto: Unsplash)

Sepatutnya muslim yang beriman, tentu kita wajib memohon pertolongan dan memanjatkan doa kepada Allah Swt. Nabi Muhammad SAW juga sudah mewarisi ajarannya tentang cara serta langkah-langkah menuju kesuksesan.

Dilansir dari tayangan Youtube Muslim-Saluran Dakwah yang diunggah pada tanggal 15 April 2020, Syeikh Ali Jaber mengijazahkan 4 jenis amalan pembuka rezeki dari segala penjuru. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sholat Tahajud

Syekh Ali Jaber mengatakan, bahwa sholat Tahajud di sepertiga malam adalah amalan utama jika ingin rezeki dari Allah Swt. melimpah ruah. Sebab, pada waktu-waktu tersebut adalah waktu yang makbul untuk doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah Swt.

2. Istighfar

Apabila kita merasa tida mampu untuk melakukan sholat malam secara rutin, kita cukup menggantinya dengan beristighfar pada waktu sahur atau 3 menit menjelang waktu subuh. Syekh Ali Jaber menyebutkan, bahwa sebaik-baiknya amalan yaitu istiqomah dalam memohon ampunan Allah dengan membaca istighfar, terlebih pada waktu sahur.

"Jadi boleh baca Al-Quran, boleh sholat malam, boleh berdzikir, boleh apapun. Tapi yang terbaik adalah istighfar,” jelas Syekh Ali Jaber.

Adapun bacaan istighfar yang paling direkomendasikan Syekh Ali Jaber adalah amalan Sayyidul Istighfar. Bahkan, Syekh Ali Jaber juga mengungkapkan, bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda, ketika seseorang membaca sayyidul istighfar, dan jika setelahnya ditakdirkan wafat, maka surga sudah dipastikan sebagai tempatnya.

3. Sedekah

Amalan yang satu ini harus dijalankan dengan istiqamah atau konsisten, tidak peduli seberapa banyak harta yang disedekahkannya. Di mana dan kapanpun, besar atau kecil yang dikeluarkan untuk sedekah bukan menjadi persoalan di hadapan Allah Swt.

"Itu tidak jadi masalah besar maupun kecil, tapi bagi Allah tidak ada artinya besar atau kecil, karena kita tidak memberi pada Allah, Allah maha kaya. Tapi rahasia sedekah itu, kita terus-menerus sedekah, siang malam," Syekh Ali Jaber menjelaskan.

4. Berdzikir

Amalan pembuka rezeki yang berkah dan berlimpah yang terakhir menurut Syekh Ali Jaber adalah dengan terus mengingat Allah atau perbanyak berdzikir. Amalan ini dapat dijalani baik pada waktu pagi hari ataupun petang, meskipun hanya sekadar baca surat al-Ikhlas dengan cara berulan-ulang.

Demikianlah ulasan tentang amalan pembuka rezeki yang disampaikan oleh Syekh Ali Jaber. Semua hal yang disampaikan di atas tentunya sudah memiliki dasar yang kuat dari hadis-hadis Nabi Muhammad SAW.

Selain mengamalkan beberapa jenis ibadah di atas dan tetap bekerja menjemput rezeki, ada satu hal yang harus kita jaga, yaitu rasa bahagia. Dengan menghadirkan rasa bahagia setiap saat, maka semua rezeki yang pastinya bersifat menyenangkan akan menuju diri kita ibarat besi yang tertarik magnet karena ada pada frekuensi yang sama.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : rezeki doa islam
Rekomendasi